Muntah Kecoak, Penyakit Misterius Nurhaya

by
June 1st, 2012 at 1:40 pm

Seorang perempuan bernama, Nurhaya Koroys (26), warga Desa Sangowo, Kecamatan Morotai Timur, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, menderita penyakit misterius. Perempuan ini sering muntah dan mengeluarkan serangga kecoak. Kejadian ini rupanya telah terjadi dua kali ketika Nurhaya dirawat di rumah.

Setelah kejadian muntah itu terjadi, Nurhaya akhirnya di rawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daruba, Morotai. Nurhaya berkata bahwa pada Jumat (25/5) lalu dia merasa gatal pada tenggorokannya sehingga dia pun muntah. Bersama dengan cairan muntahannya itu turut juga seekor kecoak yang masih hidup berukuran kuku jari tangan. Sebelumnya Nurhaya juga terkejut ketika buang air besar yang dikeluarkan ternyata hanya serangga saja.

Ayah Nurhaya, Mansur Koroys, mengiyakan kejadian itu dan menambahkan bahwa jumlah serangga itu sampai ratusan namun berukuran kecil-kecil dan anaknya hanya sempat menangkap tiga ekor saja untuk ditunjukkan padanya.

Setelah dua kejadian itu, akhirnya Nurhaya pun dibawa ke rumah sakit namun sampai sekarang belum ada kejelasan mengenai penyakit apa yang diderita oleh Nurhaya. Pihak RS Daruba hanya menjelaskan bahwa melalui hasil laboratorium ditemukan bahwa penyakit Nurhaya adalah Tuber colossus (TB) kronis.

Dar keterangan rumah sakit diketahui bahwa Nurhaya keluar masuk RS Daruba dengan penyakit yang sama yaitu TB. Dr. Kris Marimbing dari RS Daruba mengatakan bahwa pihaknya masih belum tahu apa penyakitnya terkait serangga namun dari hasil laboratorium didapati bahwa TB Nurhaya sudah sangat parah dan sudah menjalar ke kelenjar getah bening bahkan sampai ke usus karena Nurhaya sering diare.

Pihak rumah sakit masih belum mendiagnosa penyakit yang dikeluhkan Nurhaya saat masuk ke RS ketiga kalinya karena keluhan kali ini, Nurhaya mengeluarkan serangga saat dia muntah dan buang air besar. Kris menjelaskan bahwa tidak mungkin serangga masuk ke dalam tubuh.

Jika serangga masuk ke dalam tubuh melalui mulut, serangga itu akan terjepit di kerongkongan. Sedangkan di anus memang terdapat rongga namun pintu anus tidak memungkinkan serangga bisa masuk. Walaupun begitu, pihak rumah sakit mengatakan jika serangga itu masuk ke tubuh Nurhaya karena pasien sudah 2 tahun sakit TB.

Kris juga memastikan bahwa pihaknya akan terus mencari tahu penyakit misterius yang diderita oleh Nurhaya walaupun ada kemungkinan karena pasien sudah terlalu lama terbaring sehingga serangga bersarang di sana.

Comment di sini