Awas! Tabrakan Antar Galaksi Mengancam

by
June 4th, 2012 at 7:14 am

REUTERS/NASA

Sebagian besar orang tahu bahwa jagat raya ini tidak hanya berisi satu galaksi, yang kita kenal Bima Sakti (Milky Way). Tapi ada beberapa galaksi lainnya seperti Sombrero, Andromeda, Whirlpool (Galaksi pusaran air) dan masih banyak lainnya. Dulu sempat beredar kabar bahwa tahun 2012 ini merupakan tahun terakhir dari masa hidup Bumi. Apakah hal itu benar?

Berita terbaru datang dari dunia astronomi. Para ahli astronom menemukan bahwa galaksi tetangga terdekat dengan galaksi kita, yaitu galaksi Andromeda berada di lintasan yang sama dengan Bima Sakti saat ini. Kabar mengejutkannya adalah diduga kuat bahwa galaksi Bima Sakti akan bertabrakan dengan Galaksi Andromeda yang mengakibatkan penggabungan kedua galaksi ini dan akan menciptakan satu galaksi baru.

Galaksi Andromeda memang merupakan galaksi terdekat dengan Bima Sakti dengan jarak sekitar 2.5 juta tahun cahaya. Hal ini membuat Andromeda dapat kelihatan dari Bumi pada langit bagian utara pada bulan-bulan tertentu di setiap akhir tahun. Andromeda memiliki ukuran yang kurang lebih sama dengan ukuran Galaksi Bima Sakti dan memiliki sekitar 1 triliun bintang di dalam galaksinya, sedangkan Bima Sakti memiliki sekitar 500 miliyar bintang di dalamnya.

Van der Marel dan beberapa rekannya telah berhasil menghitung pergerakan membujur Galaksi Andromeda dengan menggunakan teleskop Hubble (sebuah teleskop yang berada pada orbit Bumi). Para ahli astronomi mengatakan bahwa kecepatan orbit kedua galaksi ini mencapai 400.000 km per jam.

Berikut ini merupakan video simulasi tabrakan antara Andromeda dan Bima Sakti yang dibuat oleh Van der Marel.

Jika tabrakan antar galaksi ini benar-benar terjadi, pastinya langit malam kita tidak seperti yang terlihat sekarang ini. Percampuran bintang-bintang yang ada di masing-masing galaksi akan mempengaruhi keberadaan orbit-orbit planet dalam tata surya. Begitu pula dengan kekuatan gravitasi pada masing-masing galaksi akan mempengaruhi kehidupan baru pada galaksi baru yang akan terbentuk akibat tabrakan tersebut. Ketika saat itu terjadi masih adakah kehidupan di Bumi ini? Atau Bima Sakti sudah dihuni oleh makhluk lain?

Space/Yahoo

Comment di sini