CiriCara: Cara Sukses Berjualan Lewat Internet

by
June 4th, 2012 at 10:45 am

Internet bukan hanya tempat untuk bermain-main tapi juga tempat untuk menghasilkan banyak uang. Miliaran orang mulai menggunakan dunia maya sebagai ladang bisnis mereka. Karena hal ini pula jadi makin banyak saingan yang harus dihadapi para pelaku bisnis.

Memiliki tips dan trik yang tepat dapat membantu meningkatkan penjualan dan juga menaikkan popularitas. Walaupun begitu tapi masih tetap ada ruang bagi mereka yang sudah berpengalaman dan yang baru saja memulainya. Ini dia cara sukses berjualan lewat Internet.

1. Memberikan yang terbaik

Pembeli harus mendapatkan yang terbaik. Banyak yang bilang jika membeli lewat internet itu seperti membeli melalui mesin minuman. Memang praktis dan efisien, namun perlu diingat bahwa para konsumen berharap jika barang yang dibeli tidak cacat, harganya terjangkau dan juga tepat waktu pengirimannya. Jika semua syarat dapat dipenuhi, toko online kamu bisa jadi yang terfavorit.

2. Kenyamanan

Berbeda dengan kenyamanan yang diberikan oleh toko biasa, yang harus kamu lakukan adalah memberikan sumber yang baik bagi konsumen.  Dengan kata lain, penjual tidak hanya harus beriklan tapi juga memberikan pilihan di berbagai media di Internet seperti jejaring sosial dan blog. Biarkan konsumen memilih sendiri barang yang mereka sukai.

3. Yakinkan konsumen

Hal penting dalam berbisnis lewat internet adalah kepercayaan konsumen. Memang tidak mungkin untuk berinteraksi langsung namun sebagai penjual kamu bisa menceritakan detil tentang toko kamu seperti alamat, kantor dan sebagainya. Kamu juga harus bercerita tentang barang dagangan kamu lewat jejaring sosial dan juga media promosi yang lain. Dengan kata lain menjadi lebih dekat dengan pelanggan adalah jurus yang paling ampuh.

4. Dekati kompetitor

Mendekati teman memang bagus tapi lebih bagus lagi kalau kamu bisa mengamati kompetitor dari dekat sehingga kamu tahu apa yang dilakukan oleh kompetitor dan memikirkan cara terbaik untuk mengungguli mereka. Kamu perlu tahu cara promosi, jenis barang yang dijual dan juga cara memperlakukan pelanggan. Jangan menjiplak habis-habisan cara kompetitor, melainkan ketahui sisi positif dan negatifnya. Ambil sisi postiif dan tinggalkan sisi negatif, buat sendiri jalanmu menuju kejayaan.

Cara-cara di atas dijamin oleh Mark Kirschner, Vice CMO Rakuten, sebuah situs belanja yang amat populer di Jepang. Praktikkan cara yang bisa menjadi senjata ampuh menggaet pelanggan dan meningkatkan penjualan itu. Semoga berhasil!

Comment di sini