CiriCara: Cara Membuat Masakan Tetap Sehat dengan Bumbu Instan

by
June 4th, 2012 at 11:09 am

Banyaknya bumbu instan di pasaran membuat orang mulai malas membuat bumbu sendiri. Bumbu instan pun banyak ragamnya seperti nasi goreng, ayam goreng, tempe goreng bahkan sayur sop pun sudah ada bumbu instannya.

Banyak yang tidak tahu bahwa ternyata bumbu racik atau bumbu instan ternyata dapat dipakai untuk membuat masakan lain meskipun di kemasan hanya untuk nasi goreng atau sayur sop. Sebagai contoh, bumbu ayam goreng bisa dipakai untuk lauk tempe, tahu dan bahkan ikan.

Namun faktor kesehatan juga harus tetap diperhatikan. Ini dia cara agar masakan tetap sehat walau menggunakan bumbu instan.

1. Jumlah

Menggunakan bumbu instan boleh saja asal tidak seluruhnya bergantung pada bumbu instan. Gunakan bumbu seminimal mungkin dan tambahkan bumbu biasa. Perhatikan juga jumlah makanan yang harus disediakan di meja agar kebutuhan gizi dapat tercukupi. Sebagai contoh, nasi dengan tahu, tempe dan juga sayur sudah cukup bagi tubuh. Yang penting menu dapat divariasi setiap hari dan jangan lupa buah serta susu.

2. Jenis

Perhatikan labelnya dan cari yang memiliki kandungan Monosodium Glutamat dan juga Natrium Benzoat paling rendah. Bumbu instan ada dua tipe, yaitu kering dan yang basah. Perhatikan pula jenis makanan yang harus disediakan. Jangan sampai ada zat yang tidak ada dalam daftar menu. Sebagai contoh, karbohidrat yang didapat dari jagung, nasi dan kentang kemudian protein dari daging ayam, telur, tempe tahu dan juga vitamin serta mineral yang bisa didapat dari buah dan susu. Menu sehari-hari harus lengkap walaupun memasaknya menggunakan bumbu instan.

3. Jadwal

Jika ingin menggunakan bumbu instan, gunakan maksimal sebanyak 3 hari sekali. Jadi jangan terlalu sering menggunakan bumbu instan, terutama untuk makanan anak Anda. Perhatikan jadwal memasak. Masakan yang baik adalah masakan yang matang dan langsung dikonsumsi karena jika terlalu sering dipanaskan hanya akan membuat kandungan vitamin dan mineralnya berkurang. Pastikan ibu-ibu memiliki jadwal memasak yang tepat sehingga sesuai dengan jadwal makan si buah hati.

Itu dia 3 hal yang harus diperhatikan untuk membuat masakan dari bumbu instan agar tetap sehat. Tetap semangat dan tetap sehat!

Comment di sini