Fenomena Langit Bulan Juni yang Sayang Dilewatkan

by
June 4th, 2012 at 7:13 am

astronomyBulan Juni umumnya menjadi bulan yang istimewa bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) karena kehadiran gaji ke-13. Namun, bulan Juni tahun ini juga terasa spesial bagi para penggemar skywatching. Mengapa? karena akan ada banyak fenomena astronomi yang tergolong langka terjadi di bulan Juni ini.

Dari sekian banyak fenomena tersebut, beberapa wajib untuk Anda ketahui karena dikategorikan sebagai fenomena yang istimewa, bahkan langka. Berikut fenomena-fenomena tersebut seperti dikutip dari kompas.com:

1. Gerhana Bulan

Gerhana bulan ini akan dapat dilihat di seluruh wilayah Indonesia. Khusus warga untuk wilayah Indonesia Timur, mereka memiliki kesempatan untuk menyaksikan seluruh proses terjadinya gerhana. Gerhana ini akan terjadi pada 4 Juni 2012 tepatnya 18.03 WIB.

2. Transit Venus

Fenomena ini yang paling langka dan ditunggu karena baru akan terjadi lagi 105 tahun yang akan datang. Transit Venus adalah peristiwa mampirnya planet Venus di muka Matahari. Pada 6 Juni 2012 posisi Venus akan berada tepat di antara Bumi dan Matahari. Peristiwa ini kan terjadi selama hampir tujuh jam, mulai 05.14 pagi hingga 11.50 WIB.

3. Segitiga Bulan, Venus, dan Jupiter

Dengan mata telanjang, kita akan mampu melihat fenomena di mana Bulan, Venus, dan Jupiter akan berformasi membentuk sebuah segitiga. Venus akan tampak terang dengan magnitud -4.08, sedangkan Jupiter bermagnitud -1.87. Peristiwa yang berlangsung sebentar ini akan terjadi pada 18 Juni 2012 pada 05.00 WIB hingga Matahari bersinar terang.

4. Segitiga Bulan, Mars , dan Saturnus

Pada 27 Juni 2012, akan terjadi fenomena yang hampir sama seperti fenomena No. 3 (18 Juni 2012) karena fenomena ini juga akan dapat dilihat dengan mata telanjang. Hanya saja, peristiwa ini melibatkan Bulan dengan dua planet lainnya yaitu Mars dan Saturnus. Peristiwa ini akan berlangsung setelah Matahari tenggelam hingga 22.00 WIB.

Bagi Anda yang merasa tidak mau ketinggalan fenomena-fenomena tersebut, jangan lupa dicatat tanggal dan jam-nya ya!

Comment di sini