Geng Motor Australia Buka Cabang di Bali

by
June 4th, 2012 at 2:39 pm

ridersKeindahan Bali bukan hanya menarik bagi para wisatawan, tetapi juga kelompok geng bermotor yang ingin memperluas jaringan narkobanya. Seorang perwira kepolisian dari Western Australia, Nick Anticich, mengatakan bahwa geng motor asal Perth, Australia, mulai melebarkan sayapnya ke luar negeri, termasuk Bali.

Menurut Nick, ekspansi mereka ini dilakukan untuk memperluas jaringan bisnis narkoba mereka dan melakukan praktik pencucian uang.

“Data intelejen yang kami kumpulkan menunjukkan bahwa kelompok ini memperluas jaringan di negara-negara Asia Tenggara, di mana Amfetamin dan bahan-bahan kimia untuk membuat amfetamin mudah di dapat,” kata Nick seperti dikutip dari Kompas.com.

Bali sendiri sekarang ini telah memiliki hukum antinarkoba yang sangat ketat sehingga pergerakkan geng motor Australia ini terbatas. Namun, kegiatan mereka adalah untuk mendapatkan bahan-bahan pembuatan narkoba. Masih menurut Nick, di banyak negara, bahan-bahan tersebut murah, mudah didapat, bukan hal yang terlarang dan bisa dibeli dalam jumlah besar.

Indonesia memang telah meratifikasi Konvensi PBB tentang Perdagangan Terlarang mengenai narkoba dan bahan-bahan psikotropika, namun belum ada penjelasan apa saja jenis-jenis obat yang terlarang.

Geng motor yang saat ini diduga berada di Bali adalah The Coffin Cheaters, The Rock Machine, dan The Bandidos. Kelompok yang terakhir disebut bahkan disinyalir sudah melakukan ekspansinya ke Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Mungkin ada baiknya jika kita belajar dari negara bagian Western Australia di mana pemerintah mereka sedang mempersiapkan perangkat hukum yang akan melarang kelompok kriminal seperti gang motor untuk berkumpul atau berhubungan satu sama lain.

Comment di sini