Google Siap Beli Domain .lol

by
June 4th, 2012 at 4:31 pm

DomainsPada 13 Juni nanti, ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers), sebuah organisasi yang menentukan nama untuk situs internet, akan membuka ratusan domain baru yang akan bergabung domain-domain yang sudah dikenal sebelumnya seperti .com atau .org.

Di antara domain-domain yang baru akan dibuka tersebut, beberapa nama akan dikelola oleh Google. Namun seperti disebutkan dalam blognya, Google tidak hanya akan mengelola “.google” atau “.youtube” saja, tetapi juga beberapa akhiran domain yang lain.

Mesin pencari raksasa tersebut menyebutkan bahwa mereka memiliki beberapa desain nama, yang akan disesuaikan dengan inti dari bisnis situs tersebut. Misal, “.docs” atau domain lain yang berkaitan dengan potensi kreatifitas seperti “.lol”

Namun, sekarang ini Google hanyalah salah satu dari 1.300 perusahaan yang dilaporkan telah mengajukan untuk mendapatkan hak mengelola pendaftaran domain. Meskipun pengajuan tersebut baru secara resmi dibuka bulan depan, beberapa domain seperti “.vegas” dan “.rugby” telah dipasarkan seperti dikutip dari vegasdomain.org. Sebuah perusahaan bernama Directi Group mengatakan bahwa mereka telah mengajukan permohonan untuk mengelola domain dengan akhiran .web, .bank, .loans, .insurance, .law, .shop, .app, .website, .click, .online, .music, .hotel, .doctor, .baby dan .shop.

ICANN sendiri digambarkan seolah-olah telah membuat bisnis penjualan domain terlalu terburu-buru sedangkan prosesnya oleh sebagian perusahan Amerika dinilai sebagai “pemerasan”. Banyak perusahaan yang mengeluh karena mereka dipaksa untuk mengeluarkan uang lebih banyak daripada yang seharusnya. Sekarang ini, banyak perusahaan yang mengeluarkan ratusan dolar untuk mendapatkan domain yang mereka tidak perlu seperti .info, .biz, dan .xxx.

Comment di sini