Hobi Main Game dan Nonton TV, Anak Rentan Terkena Penyakit Jantung

by
June 4th, 2012 at 12:05 pm

Banyaknya anak-anak yang sering menghabiskan waktunya menonton TV bermain game di laptop, komputer atau di handphone mereka ternyata dapat membawa dampak yang cukup serius. Aktifitas seperti ini akan berdampak buruk pada organ jantung dan paru-paru anak.

Menurut hasil penelitian terbaru, ditemukan bahwa menghabiskan banyak waktu di depan layar elektronik termasuk komputer dapat mengganggu  kesehatan paru-paru. Proses kardiorespirasi akan terganggu apabila aktivitas ini dilakukan secara terus menerus.

Kardiorespirasi merupakan kemampuan pembuluh darah, paru, dan jantung unuk bekerja secara efektif saat istirahat dan kerja dalam mendapatkan serta menyalurkan oksiden pada jaringan yang aktif guna memperlancar sistem metabolisme tubuh.

Penelitian yang melibatkan setidaknya 2000 anak-anak yang diamati sejak usia 11 sampai 13 tahun telah dilakukan untuk melihat seberapa lama anak-anak ini menghabiskan waktunya di depan TV dan layar sebelum menilai tingkat kesehatan mereka.

Hasil penelitian ini dipublikasikan di jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise. Anak-anak yang menghabiskan sebagian besar waktunya di depan layar cenderung memiliki tingkat kebugaran yang buruk.

Jonathan Mitchell, pemimpin studi yang melakukan penelitian di Arnold School of Public Health, Univesity of South Carolina mengemukakan bahwa yang mereka temukan cukup menarik dan menambah bukti jika terlalu banyak duduk dapat berbahaya bagi kesehatan anak-anak. Jika waktu di depan layar dibatasi, bisa jadi akan membantu mengurangi kardiorespirasi di masa muda.

Walaupun penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara lama waktu bermain di layar dan tingkat kebugaran kardiorespirasi, namun hasil riset ini tidak menunjukkan adanya hubungan sebab akibat dari aktifitas dan juga penurunan tingkat kebugaran.

Comment di sini