Militer Hadiahi 17 Orang Penemu FDR Sukhoi

by
June 4th, 2012 at 10:34 am

Sebanyak 17 orang yang terdiri dari anggota militer/Polri dan warga sipil mendapatkan penghargaan dari Korem Militer 061 atas jasa mereka menemukan Flight Data Recorder (FDR) milik pesawat Sukhoi.

FDR yang berhasil ditemukan menjadi sumber penting untuk menyelidiki kenapa pesawat Sukhoi Superjet 100 mengalami kecelakaan menabrak Gunung Salak, Bogor, yang mengakibatkan semua penumpangnya tewas.

Kolonel Infantri AM Putranto selaku Komandan Resimen Militer (Danrem) 061 Suryakencana mengungkapkan 9 warga Cimelati turut menemukan FDR di daerah sekitar Sukabumi pada detik-detik terakhir.

Ia menilai proses evakuasi korban dan bangkai pesawat Sukhoi akan berjalan lebih lama apabila tidak ada uluran tangan dari warga di sekitar lokasi kecelakaan.

Proses evakuasi memang sudah dihentikan secara resmi, tetapi ia memperbolehkan warga yang masih menemukan potongan jasad korban kelak untuk melaporkan temuannya kepada pihak berwenang.

Warga yang menemukan FDR mengatakan semula mereka tidak tahu kalau yang mereka temukan itu adalah apa yang terus-menerus dicari oleh petugas evakuasi.

Setelah mereka melaporkan temuannya ke petugas, barulah mereka tahu kalau benda yang mereka temukan di sekitar 200 meter dari ditemukannya ekor pesawat SSJ 100 tersebut merupakan FDR dan sangat vital.

Comment di sini