Selamat Tinggal, Big Ben! Selamat Datang, Menara Elizabeth!

by
June 4th, 2012 at 11:16 am

Daily Mail/Getty Images

Baru beberapa hari yang lalu Ratu Elizabeth II merayakan masa pemerintahannya yang sudah mencapai 60 tahun. Kini berita terbaru datang dari Kerajaan Inggris.

Big Ben, bangunan jam yang berada di ujung menara ini, sudah sangat terkenal di mata dunia dan menjadi bangunan yang menjadi ciri kota London akan berganti nama nantinya menjadi Menara Elizabeth.

Sebagaimana dulunya, Big Ben ini pernah berganti nama beberapa kali. Pertama kali menara ini diberi nama sebagai Menara Raja (King’s Tower). Ketika Ratu Victoria yang terkenal dengan pemerintahan monarki-nya memerintah Inggris saat itu, maka menara ini diganti namanya menjadi Menara Victoria (Victoria Tower).

Kristy Wigglesworth-WPA Pool/Getty Images/Daily Mail

Rupanya, program penggantian nama ini sangat didukung oleh sebagian besar anggota Parlemen Inggris sebagai wujud penghormatan untuk Ratu Elizabeth II. Sekitar 331 anggota parlemen sudah menandatangani proposal ini, termasuk di dalamnya beberapa orang ternama seperti David Cameron, Nick Clegg, David Laws dan Ed Miliband, dan masih banyak lainnya.

Awalnya, ide pergantian nama ini dicetuskan oleh sekertaris untuk Kantor Luar Negeri yang bernama Tobias Ellwood. Ia menyatakan sangat senang karena gagasannya mendapat dukungan positif dari anggota-anggota parlemen. Tobias mengatakan, “Saya sangat senang karena banyak orang berpikir hal yang sama kalau Ratu berhak mendapatkan penghargaan yang luar biasa seperti ini.”

Daily Mail

Comment di sini