Pesawat Jatuh Di Nigeria, Kemlu Cek Dugaan WNI Jadi Korban

by
June 4th, 2012 at 9:42 am

AFP

Kecelakaan pesawat kembali terjadi, kali ini pesawat Dana Air Boeing MD 83 terjatuh di Lagos, Nigeria. Kondisi pesawat hancur dan terbakar karena menabrak sebuah gedung. Sebanyak 153 orang penumpang dikabarkan tewas. Belum jelas apakah ada warga negara Indonesia (WNI) atau tidak.

Direktur Perlindungan WNI Kemlu, Tatang Razak mengatakan kalau pihaknya belum mengetahui apakah ada WNI atau tidak. Yang jelas saat ini pihaknya akan segera melakukan pengecekan. “Saya belum tahu. Nanti kita cek dulu ya,” kata Razak seperti dikutip dari detikcom, Senin (4/6/2012).

Razak mengaku belum mengetahui secara persis berapa jumlah WNI yang berada di Nigeria. Untuk memastikan, pihaknya akan melakukan pengecekan secepatnya. Ia juga mengaku akan segera melaporkan informasi terbaru terkait kecelakaan pesawat tersebut pada media di Indonesia.

Awalnya, Pesawat Dana Air Boeing MD 83 akan terbang dari Abuja ke Lagos, Nigeria. Namun naas, pesawat jenis Boeing yang membawa penumpang 153 orang itu tiba-tiba jatuh dan menghantam sebuah gedung di Lagos dan menghancurkan semua bagian pesawat.

Semua penumpang yang berjumlah 153 orang diberitakan tewas. Namun tim evakuasi bangkai pesawat mengaku masih akan terus melakukan proses penyelamatan dan berharap masih ada korban selamat.

Tunji Okentunbi yang merupakan juru bicara Biro Investigasi Kecelakaan Nigeria mengatakan pihaknya menduga kalau semua penumpang sudah tewas. Hal ini melihat kondisi pesawat yang hancur dan terbakar.

Hingga saat ini penyebab jatuhnya Pesawat Dana Air Boeing MD 83 masih belum diketahui. Namun menurut keterangan petugas setempat, kotak hitam atau Black Box yang menyimpan data terakhir dari awak kokpit sudah berhasil ditemukan.

Black Box tersebut sudah diserahkan kepada pihak Polisi setempat untuk dilakukan penyelidikan. Diharapkan dengan ini penyebab jatuhnya pesawat Dana Air Boeing MD 83 bisa cepat terungkap.

Comment di sini