Ribuan Antelop Mati Karena Pesawat Luar Angkasa?

by
June 4th, 2012 at 2:25 pm

antelopDalam kurun waktu dua tahun, belasan ribu Antelop Saiga tewas. Kematian secara massal ini diduga disebabkan oleh peluncuran pesawat luar angkasa Rusia. Namun, para ilmuwan belum berhasil menemukan penyebab pasti kematian Antelop tersebut.

Di antara spekulasi-spekulasi yang beredar, pemerintah Kazakhstan melalui Kementrian Pertanian dalam keterangan resminya menyatakan bahwa kematian antelop tersebut dikarenakan pasteurellosis. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi paru-paru dan sangat berbahaya bagi hewan-hewan dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Musagali Duambekov dari Green Campaign mempunyai teori yang berbeda. Menurutnya, seperti diungkapkan kepada Radio Free Europe, kematian massal antelop tersebut disebabkan oleh bahan kimia yang dibebaskan dari roket yang lepas landas. Ia juga menduga bahwa penggunaan pupuk beracun di area tersebut telah merusak sistem imun Saiga.

Menurut Scientific American dalam laporannya yang dikutip Vivanews, beberapa ekolog Kazakhstan dan sejumlah tetangga Rusia menyalahkan pendaratan pesawat luar angkasa yang pulang dari Stasiun Luar Angkasa Internasional. Mereka mengatakan hal tersebut karena pada April lalu, 120 antelop tewas di saat kapsul Soyuz yang membawa dua kosmonot Rusia dan satu kosmonot Amerika mendarat di dekat Desa Sorsha.

Peristiwa ini bukan hanya menjadi misteri bagi para ilmuwan, tetapi juga tantangan bagi para pelestari hewan karena sesungguhnya antelop tergolong sebagai hewan langka. Hingga kini, hanya sekitar 85.000 Antelop Saiga yang tersisa. Padahal, pada 1950-an jumlah mereka masih jutaan.

Comment di sini