Riset: Monyet Mengecap-ecap Layaknya Manusia Berbicara

by
June 4th, 2012 at 8:47 am

monyetKendati para ilmuwan belum berhasil menemukan alasan mengapa seekor monyet tidak dapat berbicara, W Tecumseh Fitch menyatakan bahwa kecapan yang dilakukan seekor monyet memiliki peran dalam evolusi kemampuan berbicara pada manusia.

Fitch, yang meneliti hal tersebut bersama rekan-rekannya dari University of Vienna, mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal Biology Letters baru-baru ini.

Studi tersebut mengatakan bahwa kecapan yang dilakukan sang monyet melibatkan koordinasi lidah, bibir, dan rahang. Pergerakan mulut tersebut dipercaya berperan dalam evolusi kemampuan bicara.

Fitch menarik kesimpulannya berdasarkan hasil penelitian terhadap gerakan mulut monyet berekor panjang. Berdasarkan hasil observasinya, diketahui bahwa sang induk monyet seringkali megecap-ngecapkan bibirnya di hadapan sang bayi yang diduga mirip dengan perilaku seorang ibu manusia terhadap bayinya.

Fitch, seperti dilansir Kompas.com dari Discovery, mengatakan bahwa kecapan terjadi sebanyak 5 kali dalam satu detik, persis seperti kecepatan berbicara manusia, yang juga dua kali lebih cepat dari kecepatan mengunyah.

Kecapan ini, yang melibatkan koordinasi bibir, lidah, rahang, dan kemampuan vokal dari tenggorokan dan kotak suara, menjelma menjadi kemampuan berbicara.

Comment di sini