Roket Buatan Mahasiswa Siap Hiasi Langit Yogyakarta 7-10 Juni 2012

by
June 4th, 2012 at 3:57 pm

RocketTiga hari lagi, tepatnya 7 Juni 2012, akan berlangsung Kompetisi Muatan Roket Indonesia 2012 (Komurindo 2012). Acara tahunan ini akan digelar selama 4 hari (7-10 Juni) di pantai Congot, Kulonprogo. Tujuan utama dari diadakannya lomba ini adalah sebagai upaya untuk menanamkan kecintaan generasi muda terhadap dunia dirgantara dan antariksa, khususnya roket.

Menurut Budi Tri Siswanta, Ketua Umum Komurindo 2012, lomba tahun ini bertemakan “Attitude Monitoring and Surveillance Payload“. Maksudnya ¬†adalah para peserta lomba akan diuji kemampuannya untuk mendapatkan hasil rancang bangun muatan roket yang mampu kembali pada sasaran yang telah ditentukan. Jadi, peserta yang muatan (payload)-nya mampu kembali menuju target yang telah ditentukan, dia yang akan menjadi juaranya.

“Kita cari juaranya yang berhasil merancang bangun muatan roket kembali menuju sasaran yang telah ditentukan,” ungkap Budi seperti dikutip dari Kompas.com

Kompetisi ini pertama kali digelar pada tahun 2008. Tahun ini, Komurindo akan diikuti oleh 40 tim dari 32 kampus Negeri maupun Swasta di seluruh Indonesia. Perhelatan yang diadakan tahunan ini juga dimaksudkan untuk proses regenerasi, atau juga proses transfer ilmu antarangkatan di mana para senior diharapkan akan mengajak adik-adik kelasnya untuk mengikuti lomba tersebut.

Komurindo 2012 merupakan hasil kerja sama antara LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional), Universitas Negeri Yogyakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Pemerintah Kabupaten Kulonprogo dan Akademi Angkatan Udara.

Comment di sini