7 Ragam Menu Sarapan Pagi dari Berbagai Negara

by
June 5th, 2012 at 4:18 pm

Setiap negara mempunyai ritual sarapan sendiri. Banyak negara yang memiliki menu spesial mereka saat pagi misalnya di Indonesia ada bubur ayam, nasi pecel, nasi uduk dan lain sebagainya. Orang-orang Indonesia sendiri telah banyak yang mengganti menu sarapan mereka dengan yang lebih praktis seperti roti dan selai.

Negara-negara lain di dunia ternyata memiliki menu yang tak kalah seru dan menarik. Menu-menu yang lezat itu biasa disantapi di pagi hari. Ini dia ragam menu sarapan pagi di berbagai negara:

1. Huitlacoche


Jagung juga merupakan sumber karbohidrat dan juga energi yang cukup baik bagi tubuh seperti nasi dan roti. Namun jagung yang ini sedikit berbeda dari biasanya. Menu jagung orang Meksiko yang disebut dengan Huitlacoche ini telah ditumbuhi jamur sehingga warnanya pun sudah agak kehitaman karena spora yang tumbuh pada jagung.

2. Siri Paya


Siri paya adalah semacam sup yang ada di Pakistan. Sup ini biasa dimakan di pagi hari oleh orang Pakistan. Siri sendiri berarti kepala sedangkan paya adalah kaki. Jadi arti harfiah Siri Paya adalah sup kepala dan kaki. Biasanya ada dua pilihan rasa yaitu domba dan sapi.

3. Century Egg


Di China masyarakat sana memang sangat menggemari telur. Pernah membaca artikel sebelumnya tentang telur anak perawan? Yang ini memang telur tapi berbeda. Telur century biasa dimakan di pagi hari. Cara membuatnya yaitu dengan dibungkus tanah liat, garam, abu kapur dan beras yang kemudian disimpan dalam waktu yang cukup lama. Telur century memiliki bau yang sangat menyengat dengan warna hijau dan teksturnya pun berubah menjadi kenyal seperti agar-agar dengan warna cokelat.

4. Kimchi


Kimchi bukan cuma terkenal di Korea tapi juga hampir di seluruh dunia. Makanan ini ternyata dikonsumsi sebagai menu sarapan pagi di negara asalnya. Rasa masakan ini adalah asam dan sedikit pedas. Sawi putih yang diberi bumbu cabai dan difermentasi.

5. Hafragrautur


Ini adalah menu sarapan pagi orang Islandia. Menu ini tampak seperti bubur namun sebenarnya ini adalah oatmeal. Makanan ini adalah makanan pokok bagi keluarga Islandia selama bertahun-tahun. Cara memasaknya biasa saja hanya dengan dimasak dengan air hingga matang kemudian diberi taburan gula, mentega dan juga kismis.

6. Bubur kepiting


Jika kita terbiasa dengan bubur ayam di pagi hari, orang Hongkong biasa mengonsumsi bubur kepiting. Ini bukan bubur dengan daging kepiting tapi bubur dengan kepiting yang dimasak beserta cangkangnya. Orang Hongkong memiliki banyak waktu untuk sarapan pagi.

7. Chawan Mushi


Apa menu sarapan orang Jepang? Jawabannya adalah Chawan Mushi. Makanan ini terbuat dari telur yang telah diberi bumbu dashi dan telah menjadi sajian khas pagi hari di negari sakura ini. Makanan yang mirip bubur ini biasanya disajikan dengan potongan daging ayam dan juga jamur shitake. Cawan Mushi dikukus dalam mangkuk individual dan biasanya disajikan utuh dalam cangkang telurnya sendiri.

7 ragam menu sarapan pagi di berbagai negara terlihat cukup menarik kan? Ingin mencoba?

Comment di sini