Fakta: Kepala Orang Amerika Membesar

by
June 5th, 2012 at 3:52 pm

Skull

Antropolog forensik di Universitas Tennesssee, Knoxville, meneliti 1500 terngkorak sejak pertengahan 1800-an hingga pertengahan 1980-an. Tengkorak-tengkorak tersebut mengindikasikan bahwa kepala orang-orang kulit putih Amerika berubah menjadi semakin besar. Para peneliti pun belum bisa menentukan alasan mengapa tengkorak-tengkorak tersebut mengalami pembesaran setiap tahunnya.

Lee jantz, koordinator Forensic Anthropology Center (FAC); Richard Jantz, profesor emeritus dan mantan direktur FAC; serta Joanne Devlin, asisten profesor di Universitas tersebut, melihat bahwa tengkorak-tengkorak tersebut menjadi lebih besar, lebih tinggi, dan menyempit.

Tinggi rata-rata dari dasar ke bagian atas telah meningkat 8 milimeter dan ukuran tengkorak telah tumbuh 200cm persegi. Pada wanita, kenaikan 7 milimeter dan 180cm persegi. “Ini kemungkinan hasil dari pola pertumbuhan yang telah termodifikasi karena nutrisi yang lebih baik, kematian ibu dan bayi yang rendah, lebih sedikit pekerjaan fisik, dan pernikahan lintas etnis.” ujar Lee jantz.

Penelitian yang hanya dilakukan pada orang-orang Amerika keturunan Eropa ini juga menunjukkan bahwa tinggi tengkorak meningkat sebesar 6.8 % sementara tinggi badan secara keseluruhan meningkat hanya 5.6 persen. Sedangkan Tulang paha hanya meningkat sekitar 2%.

Comment di sini