Jalan Layang Casablanca Terlarang Bagi Motor

by
June 5th, 2012 at 11:00 am

jalan layang casablancaJika sesuai rencana, fly over atau jalan layang non tol yang dibangun sepanjang Kampung Melayu – Tanah Abang akan bisa beroperasi akhir tahun ini. Tentunya ini merupakan kabar gembira karena jalan layang tersebut diharapkan mampu mengurai 40 persen kemacetan yang terjadi di Jakarta.

Jalan layang sepanjang 3.5 kilometer ini terdiri dari empat jalur. Dengan adanya tambahan empat jalur tersebut, para pengguna jalan nantinya akan memiliki dua opsi, melalui arus di bawah (local traffic), atau di atas (true traffic). “Dengan demikian, waktu tempuh akan berkurang sementara kecepatan laju kendaraan bertambah,” ujar Udar Pristono, Kepala Dinas Perhubugnan DKI Jakarta.

Pristono juga menambahkan bahwa jalan layang non tol tersebut tidak diperuntukkan bagi kendaraan roda dua. “Semua kendaraan boleh melintas di jalan layang ini, kecuali sepeda motor,” ungkapnya, seperti dikutip dari vivanews.

Pemprov DKI juga berencana akan membuat underpass di depan mall Ambasador. Di samping itu, pemprov juga berencana akan melakukan penghijauan dan membangun pedestrian di sepanjang local traffic (arus bawah).

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, Ery Basworo, mengatakan bahwa pihaknya akan mempercepat pembangunan jalan ini. Mereka mulai memfokuskan pembangunan Traveller Form dengan bentang 110 meter dan ketinggian 18 meter. Menurutnya, ini pertama kalinya Traveller Form diterapkan di Indonesia.

Comment di sini