Gerhana Bulan Diduga Sebabkan Gempa di Sukabumi

by
June 5th, 2012 at 9:23 am

Gerhana BulanPeneliti di Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) menyatakan bahwa gempa berkekuatan 6.1 SR yang terjadi di Sukabumi pada Senin (4/6) memiliki kemungkinan dipicu oleh fenomena Gerhana Bulan Sebagian. Puncak gerhana terjadi sekitar pukul 18.03 WIB, berselang 15 menit dengan terjadinya gempa.

Pada saat gerhana berlangsung, di arah ufuk bagi wilayah selatan Jawa mengalami efek pasang maksimum. “Akibatnya, beban yang menjepit lempeng Eurasia mengendur, sehingga lempeng Indo-australia bisa menyusup ke bawahnya dan energi yang dilepaskannya dirasakan sebagai gempa”, ungkap Thomas Djamaluddin, peneliti LAPAN, melalui akun jejaring sosialnya.

Sementara itu, pemerhati astronomi Ma’arufin Sudibyo, seperti dikutip dari Kompas.com, juga mengatakan bahwa ada kemungkinan keterkaitan antara fenomena Gerhana Bulan Sebagian dengan gempa yang terjadi di Sukabumi.

Hal ini disebabkan karena secara temporal, waktunya bersamaan dan secara spasial, kawasan tunjaman di lepas pantai Indonesia bagian barat diketahui memiliki korelasi lebih tinggi dalam hal gempa dan bulan purnama. Ma’rufin juga mengungkapkan bahwa ada riset yang menyebut kawasan Indonesia bagian barat memiliki tidal stress lebih tinggi, sehingga kemungkinan lebih dari 99 persen untuk terjadi gempa saat konjungsi/oposisi Bulan.

Pada beberapa tragedi gempa seperti Aceh 2004, Yogyakarta 2006, dan Jepang 2011, memang terjadi dalam waktu yang berdekatan dan bersamaan dengan terjadinya gerhana. Namun, Thomas juga menegaskan bahwa meskipun dalam beberapa kasus faktor astronomi bisa mejadi pemicu, gerhana tidak bisa secara umum dikatakan sebagai penyebab gempa.

Comment di sini