Hindari Diabetes Tipe 2 Dengan Rajin Sarapan Pagi

by
June 5th, 2012 at 9:51 am

Bangun kesiangan, takut telat sampai kantor, khawatir tak bisa beraktivitas yang rutin dilakukan pada pagi hari, dan tak biasa sarapan pagi sering dijadikan alasan untuk tidak menyantap energi di pagi hari.

Kebanyakan orang berpikir sarapan pagi tidak begitu penting, padahal kebutuhan energi di pagi hari berpengaruh besar pada aktifitas seseorang hingga hari berakhir.

Sarapan pagi juga merupakan suatu aktifitasyang vital bagi setiap orang untuk kesehatannya.

Dari hasil studi para ilmuwan yang tergabung dalam National Weight Control Registry, orang yang rutin sarapan pagi lebih sedikit potensinya untuk terkena serangan penyakit diabetes tipe 2.

The American Journal of Clinical Nutrition menerbitkan hasil penelitian yang mengambil sampel sebanyak 29.000 laki-laki selama 16 tahun itu. Penelitian itu berfokus pada pengamatan pola makan, tingkat penyakit, kegiatan olahraga, dan faktor- faktor lain yang berpengaruh terhadap kesehatan. Sebanyak 2.000 orang terserang penyakit diabetes tipe 2 selama riset dilangsungkan.

Dalam riset, mereka yang sering sarapan tidak teratur lebih berisiko mengidap penyakit diabetes dibandingkan dengan orang-orang yang rutin sarapan setiap pagi. Kualitas sarapan dan indeks massa tubuh setiap partisipan tidak berpengaruh terhadap kerentanan tubuh pada penyakit diabetes tipe 2.

Para peneliti juga menemukan dugaan bahwa sarapan pagi berkontribusi terhadap stabilnya gula darah. Namun, konsumsi kalori dalam jumlah besar tidaklah baik terhadap gula darah serta kadar insulin seseorang.

Sarapan pagi yang sehat dan bermanfaat adalah sarapan yang dilakukan secara rutin dengan komposisi karbohidrat, protein, vitamin, dan zat penting lainnya seimbang dengan apa yang dibutuhkan oleh tubuh sepanjang hari.

Comment di sini