Indonesia Siap Orbitkan Satelit Kedua

by
June 5th, 2012 at 5:20 pm

LAPANPemerintah Indonesia kini tengah menyiapkan pengorbitan satelit kedua yang diberi nama Lapan-A2 atau Lapan-Orari. Satelit yang berfungsi sebagai pengamatan (surveillance) ini direncanakan siap orbit dalam dua bulan ke depan.

Dengan kecanggihannya, satelit ini akan mampu menyuguhkan foto daratan Indonesia sekelas foto warna resolusi tinggi 6 meter. “Foto-foto ini khususnya untuk daerah-daerah bencana. Jadi satelit ini lebih berfungsi untuk mitigasi bencana,” ujar Soewarto Hardhienata, Deputi Bidang Teknologi Dirgantara Lapan, seperti dikutip dari jpnn.com.

Lapan-Orari juga bisa difungsikan untuk membantu pertahanan TNI Angkatan Laut dalam melakukan pengawasan lalu lintas dan data-data penting kapal-kapal yang berlayar di perairan Indonesia. Satelit yang menghabiskan dana sedikitnya RP. 30 Miliar ini juga akan difungsikan untuk membantu ketahanan pangan karena dirancang agar mampu memprediksi musim produksi padi.

Keunggulan lain dari satelit yang direncanakan akan diluncurkan di India ini adalah kemampuannya menjadi penghubung sekitar 700 ribu pengguna radio amatir atau orari. Kemampuan ini diharapkan membantu perkembangan radio orari agar nantinya bisa menggantikan telekomunikasi kabel atau seluler yang biasanya akan padam pada saat bencana.

Tugas LAPAN selanjutnya adalah mempersiapkan roket peluncur bagi satelit ini karena hingga saat ini, roket-roket yang ada di Indonesia masih sebatas roket untuk keperluan militer.

Comment di sini