Jangan Tulis Keterangan Ini di Surat Lamaran Kerja

by
June 5th, 2012 at 4:53 pm

Surat lamaran pekerjaan atau CV adalah kunci agar pintu masuk dunia kerja terbuka. Jika CV Anda mengecewakan maka otomatis panggilan kerja tidak akan datang. Jadi, perhatikanlah hal yang tidak boleh ditulis di CV.

Jangan biarkan CV yang Anda buat berakhir di tempat sampah. Karenanya Anda harus tahu mana saja yang tidak boleh dimasukan dalam menulis surat lamaran pekerjaan atau CV.

Berikut beberapa hal yang tidak perlu ditulis dalam CV atau surat lamaran kerja:

1. Jumlah gaji

Jangan tulis jumlah gaji yang Anda inginkan dalam CV atau surat lamaran kerja. Belum juga diterima untuk bekerja sudah minta gaji, bagaimana mungkin? Soal gaji, Anda bisa membahasnya setelah perusahaan berminat untuk merekrut Anda. Di sinilah proses negosiasi gaji bisa dilakukan. ;)

2. Kelemahan

Meskipun niat Anda adalah terbuka dengan perusahaan, mencantumkan kelemahan Anda pada CV adalah hal yang salah. Lebih baik tulislah beberapa hal yang memang menjadi kelebihan Anda. Dengan kelebihan yang Anda miliki, mungkin perusahaan akan tertarik.

3. Pengalaman kerja (tidak berkaitan dengan perusahaan)

Mungkin Anda ingin menunjukan kalau Anda pernah bekerja. Tapi jika pengalaman kerja yang ada tidak berkaitan dengan perusahaan maka lebih baik tidak usah. Ini hanya akan menjadikan CV kamu bertambah panjang dan akan malas untuk dibaca.

4. Informasi keluarga

Tidak perlu Anda curhatkan semua kehidupan keluarga Anda di CV. Ini hanya akan menambah surat lamaran pekerjaan jadi tambah tebal. Jika tidak diminta pihak perusahaan, maka tidak perlu Anda mencantumkan berapa jumlah adik, kakak, sepupu atau anggota keluarga yang lainnya. Berikan keterangan ini saat Anda sudah diterima kerja saja.

5. Hindari kesalahan membuat CV

Agar CV yang Anda buat bisa menarik HRD atau pihak perusahaan, maka buatlah CV yang baik dan benar. Hindarilah semua kesalahan yang sering dilakukan saat membuat CV atau surat lamaran pekerjaan.

CV atau surat lamaran pekerjaan adalah kunci awal Anda dalam melangkah ke dunia kerja. Jika Anda tidak punya CV yang bagus, maka pintu kerja tidak akan terbuka untuk Anda. Jadi, buatlah CV yang benar-benar bagus dan menarik. Ok.! ;)

Comment di sini