Kenali 5 Macam Gangguan Kesuburan pada Pria

by
June 5th, 2012 at 10:50 am

Ternyata bukan cuma wanita yang mengalami gangguan kesuburan. Pria juga mengalami hal yang sama. Jika dalam suatu pernikahan yang berlangsung cukup lama namun masih belum dikaruniai anak, bisa jadi ada masalah pada kesuburan.

Untuk mengecek kesuburan pada wanita sudah ada testpack untuk mengukur kesuburan namun belum ada testpack untuk mengukur kesuburan pria oleh karena itu tidak ada salahnya jika kita mengenali macam gangguan kesuburan pada pria.

1. Varikokel

Varikokel adalah pembesaran pembuluh darah seperti varises yang ada di skrotum. Hal ini mengakibatkan suhu di testis meningkat dan memberi pengaruh pada produksi sperma. Masalah ini biasa muncul tiba-tiba tanpa gejala apapun namun bisa dideteksi dari cek kesehatan. Masalah ini hanya bisa diatasi dengan tindakan bedah. Menurut data yang ada, 43% pria belum dapat memiliki anak setelah setahun operasi.

2. Alergi terhadap sperma

Ternyata tubuh seorang pria juga bisa alergi terhadap spermanya sendiri. Hal seperti ini ternyata disebabkan oleh trauma pada organ reproduksi seperti vasektomi, infeksi dan lain sebagainya. Walaupun ada obat yang disebut dengan steroid untuk menekan antibodi sperma namun penggunaannya tidak dianjurkan karena efek sampingnya. Untuk menyiasati ini, inseminasi dan juga injeksi sperma bisa dilakukan namun tingkat keberhasilannya memang kecil.

3. Kualitas sperma buruk

Kesuburan pria ditentukan oleh kesehatan sel spermanya. Jika jumlah sperma yang dikeluarkan terlalu sedikit, lamban dan juga tidak ada pergerakan, bahkan bentuk yang tidak normal akan membuat kemampuan sel untuk membuahi sel telur juga akan melambat dan kecil. Kelainan seperti ini tidak memiliki gejala apapun. Obat serta inseminasi buatan pun memiliki tigkat keberhasilan yang sama seperti alergi sperma.

4. Tersumbat

Masalah yang ini memang jarang terjadi namun bisa saja ini terjadi pada pria tanpa disadari karena juga tidak menunjukkan gejala apapun. Tindakan bedah bisa memperbaiki keadaan ini namun tergantung pada tingkat kesulitan dan juga tipe operasi yang dilakukan. Biasanya terjadi kelainan bawaan, infeksi, cedera dan juga kondisi lain yang menyebabkan sumbatan.

5. Penyebab yang tak jelas

Tak jarang dokter pun bingung setelah melakukan pemeriksaan dan menemukan tidak ada yang salah dengan kesuburan seseorang walaupun bermacam pemeriksaan telah dilakukan. Banyak ahli yang mengatakan jika kemungkinan besar gangguan seperti ini disebabkan oleh racun yang ada pada lingkungan seperti pestisida, pengawet, radiasi dan sebagainya.

Lima hal itulah yang dapat mengganggu kesuburan pria. Walaupun hampir semua gangguan dapat diselesaikan dengan tindakan medis namun mencegah lebih baik dari pada mengobati. Sudah tahu kan apa saja penyebab pria tidak subur?

Comment di sini