Boscha Bandung Siarkan Langsung Transit Venus via Streaming

by
June 5th, 2012 at 2:25 pm

Transit VenusSekadar mengingatkan, fenomena Transit Venus akan terjadi besok pagi di Indonesia. Bagi mereka yang hidup di bagian bumi sebelah barat, fenomena ini akan muncul beberapa jam lagi dan begitu banyak persiapan dilakukan.

Banyak museum dan sekolah membuat acara untuk menyaksikan fenomena ini. Sebuah website bernama transitofvenus.org yang khusus membahas fenomena ini dibangun. Di Hawaii, kacamata gerhana dibagi-bagikan secara gratis. Bahkan, NASA juga akan menayangkan fenomena ini secara langsung melalui webcast.

Mengapa Transit Venus ini begitu langka? Transit Venus memiliki pola frekuensi yang sangat aneh. Dia tidak akan muncul selama 121,5 tahun. Tapi saat dia datang, ia datang dua kali, dengan jarak 8 tahun antara satu dengan yg lain. Transit Venus terakhir kali terlihat pada tahun 2004. Ini berarti bahwa dia tidak akan muncul lagi hingga tahun 2117. Jadi wajar jika banyak orang melakukan banyak persiapan untuk menyambut fenomena ini.

Fenomena ini memang menarik untuk disaksikan namun tidak aman untuk dilihat secara langsung. Perlu beberapa alat untuk bisa menyaksikan fenomena ini dengan aman seperti Rear Projection Screen, Solar Filtered Telescope, Disposable Eclipse Shades, dll.

Jangan bersedih, jika kamu nggak punya waktu untuk mencari barang-barang tersebut di atas, kamu tetap bisa menyaksikan fenomena ini bahkan tanpa harus meninggalkan meja kerja karena Observatorium Boscha  akan menyiarkannya secara langsung melalui webcast streaming.

Simak live streaming Transit Venus langsung dari Observatorium Boscha di Bandung mulai pukul 05.00 – 12.00 WIB di video berikut ini:

Alternatif lain apabila video di atas gagal berfungsi secara normal:



Comment di sini