10 Efek Negatif Facebook

by
June 6th, 2012 at 3:34 pm

Mark Zuckerberg menciptakan Facebook pada tahun 2004 lalu dan sejak itu pula jejaring sosial ini disalahkan atas timbulnya berbagai masalah seperti hancurnya rumah tangga, kasus obesitas pada anak dan bahkan penyebaran penyakit sifilis.

Masih ada lagi efek buruk dari Facebook yang dialami oleh banyak orang. Ini dia 10 efek negatif yang ditimbulkan oleh Facebook:

1. Membuat orang semakin introvert

Orang yang bergaul dengan Facebook jadi lebih banyak menghabiskan waktunya di Internet daripada berbincang-bincang langsung dengan orang yang ada di sekelilingnya. Itulah hasil penelitian Mintel, sebuah perusahaan penelitian pasar yang menemukan bahwa lebih dari setengah partisipan penelitian yang merupakan orang dewasa pengguna Facebook bersikap seperti itu.

2. Cemburu

Penelitian dari University of Guelph, Kanada, menemukan bahwa penggunaan Facebook dapat membuat perasaan cemburu pasangan jadi meningkat. Jika seseorang sering terlihat online di Facebook, maka pasangannya akan menjadi cemburu dan curiga.

3. Menghilangkan kata-kata tradisional

Sebuah survei yang dilakukan oleh perusahaan peneliti pasar pada 4 ribu orang yang berusia dibawah 30 tahun menunjukkan bahwa ungkapan tradisional sudah jarang dipakai karena Facebook.

4. Mengganggu pernikahan

Ada pengacara perceraian yang menyalahkan Facebook. Situs yang mempertemukan teman lama dan memfasilitasi keduanya untuk berbicara melalui aplikasi chatting ini dapat menimbulkan bibit-bibit selingkuh dan perceraian.

5. Memicu gangguan pada tulang

British Medical Journal menyebutkan bahwa situs jejaring sosial dan juga permainan komputer dapat memicu penyakit yang mirip seperti kekurangan vitamin D sehingga tulang pun menjadi rapuh. Oleh karena itu Facebook sering disalahkan atas adanya keluhan tulang terutama pada anak-anak.

6. Tempat menantang hukum

Dalam beberapa kasus hukum yang terjadi di Inggris, Facebook banyak digunakan sebagai alat untuk menantang hukum. Facebook memungkinkan pihak yang tersangkut kasus hukum membuat grup dengan nama yang provokatif.

7. Picu bunuh diri pada anak

Archbishop Vincent Nichols, kepala gereja katolik Inggris dan Wales, mengatakan bahwa Facebook ternyata dapat membuat pertemanan menjadi ajang komoditi dan ketika sudah tidak berjalan baik, atau berhenti. Anak bisa menjadi depresi dan melakukan tindak bunuh diri.

8. Mengumbar Privasi

Sekarang orang jadi sering mengunggah gambar ketika mereka sedang melakukan berbagai aktifitas. Mayoritas pengguna Facebook tidak sadar jika hal ini malah mengekspose kehidupan mereka dan dapat memicu tindak kriminal.

9. Banyak orang tua lebih sering Facebook-an

Sebuah badan pembuat regulator komunikasi, Ofcom, menyebutkan bahwa sekarang lebih banyak orang setengah baya yang menjadi anggota situs seperti Facebook. Ini membuat lonjakan pengguna berumur 35-54 tahun sangat tinggi sepanjang tahun 2009 lalu.

10. Membuat pengguna jadi tidak percaya diri

Banyak pengguna Facebook yang menghindari mengunggah foto serta menghapus nama dari berbagai foto yang diunggah oleh teman. Berbagai alasan pun diungkapkan seperti hasil survey yang dilakukan oleh LighteLife pada 200 orang, mereka menghapus nama dan foto karena merasa terlihat tidak menarik.

10 efek buruk Facebook itu semoga tidak berdampak pula pada kamu ya!

Comment di sini