Euro 2012: Pasuruan Punya “Kampung Euro”

by
June 6th, 2012 at 9:51 am

beritajatim

Kehebohan ajang sepakbola Piala Eropa 2012 tidak hanya terasa di Eropa saja. Di Pasuruan, Jawa Timur bahkan sudah ada “kampung euro”. Di kampung ini bendera-bendera dari negara peserta Piala Eropa 2012 terpasang di masing-masing rumah warga.

Masyarakat di Desa Gerongan, Kecamatan Kraton, Pasuruan merubah kampung mereka menjadi “Kampung Euro”. Hampir setiap rumah warga saling bersaing mengibarkan bendera negara peserta Piala Eropa 2012.

Bendera yang dikibarkan warga sesuai dengan tim yang dijagokan mereka di Piala Eropa 2012 ini. Ukuran bendera bahkan mencapai 5×8 meter, tiang yang digunakan untuk mengibarkan bendera juga tinggi-tinggi.

Nantinya, bendera tim yang kalah dalam pertandingan akan diturunkan warga secara suka rela. Pasalnya hal ini sudah menjadi peraturan yang sudah disepakati oleh semua warga, tokoh dan perangkat Desa Gerongan.

“Kalau ndak mau, ya diturunkan paksa, mas,” kata Hasani Torik, salah satu warga Desa Gerongan yang juga ikut mengibarkan bendera tim jagoannya di depan rumahnya.

Mayoritas warga di sana memilih untuk mendukung tim Belanda. Alasanya, karena Belanda memiliki beberapa pemain yang mempunyai kualitas individu yang bagus dan sudah teruji di berbagai kejuaraan.

Saat ini puluhan bendera negara Eropa yang dianggap kuat sudah berkibar di depan rumah masing-masing warga Desa Gerongan. Karena saking banyaknya bendera negara Eropa, kampung ini pun disebut sebagai Kampung Eropa atau “Kampung Euro”.

ANTARA/Musyawir

Ini adalah untuk kedua kalinya warga Desa Gerongan melakukan aksi kibar bendera tim sepakbola jagoan mereka. Pasalnya di ajang Piala Dunia 2010 yang lalu warga Desa Gerongan juga melakukan aksi yang sama, yakni mengibarkan bendera tim sepakbola jagoan mereka.

Piala Eropa 2012 atau Euro 2012 akan berlangsung pada 8 Juni 2012. Bagi Anda penggila bola jangan lewatkan pertandingan perdana Euro 2012 antara Polandia melawan Yunani. Lihat jadwal lengkapnya.

Comment di sini