Kurangi Konsumsi Makanan Pemicu Masuk Angin

by
June 6th, 2012 at 1:19 pm

Istilah masuk angin sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita. Kondisi lemas, tak enak badan, dan sering ditandai dengan perut kembung biasa kita sebut dengan masuk angin. Masuk angin sering dirasa seolah ada gas yang bergerak-gerak dalam perut disertai dengan suara-suara aneh.

Telat makan bisa menjadi satu penyebab masuk angin.  Peningkatan asam lambung dalam perut membuat perut seperti diisi gas. Mengasup makanan yang dapat merangsang produksi gas dalam tubuh juga bisa menyebabkan masuk angin.

Saat makanan bergerak menuju ke saluran pencernaan, makanan akan diubah menjadi sampah dan juga energi. Jika ada makanan yang cukup sulit untuk diurai di saluran pencernaan maka akan segera dialihkan ke usus besar. Hal seperti ini akan meningkatkan kandungan gas dalam perut.

Usus kecil mengandung enzim laktase yang berguna untuk memecah kandungan laktosa dalam makanan. Jika laktase tidak cukup untuk memecah laktosa yang ada pada makanan, maka tubuh akan memproduksi gas untuk proses fermentasi.

Reaksi tiap orang berbeda-beda terhadap makanan namun mengurangi porsi makanan yang dapat memicu masuk angin sangat penting agar kesehatan tetap terjaga.

Buah yang memiliki banyak kandungan gula seperti pisang, aprikot, pir, apel dan huga persik sebaiknya tidak terlalu sering dikonsumsi. Kemudian sayur mayur seperti kembang kol, brokoli, kubis, jagung, paprika hijau dan kacang polong juga termasuk di dalamnya. Perhatikan cara memasak dan juga jumlah sayuran yang diasup karena akan memengaruhi pencernaan kita.

Pernahkah kamu memakan terlalu banyak kacang sehingga perut merasa tidak nyaman? Ternyata kacang mengandung gula yang disebut sebagai raffinose. Gula ini dapat merangsang tubuh untuk memproduksi gas tumulous yang membuat perut terasa begah dan tidak nyaman.

Susu yang mengandung banyak laktosa ketika disajikan juga akan memicu produksi gas berlebih dalam tubuh. Makanan yang mengandung tepung seperti gandum, kentang dan juga jagung dapat menyebabkan kembung bagi sebagian orang.Minuman bersoda atau minuman berkarbonisasi juga dapat meningkatkan produksi gas dan asam dalam lambung.

Mengonsumsi serat yang cukup seperti yang ada pada sayuran hijau  dapat mengatasi masalah masuk angin sehingga pencernaan juga akan tetap sehat.  Mengonsumsi jambu biji, melon pepaya dan juga buah plum serta mengganti karbohidrat dengan protein juga akan menjauhkan kamu dari masuk angin.

Comment di sini