Libanon Juga Pernah Heboh Air Mata Kristal (Video)

by
June 6th, 2012 at 2:35 pm

Ternyata kasus gadis yang mengeluarkan air mata kristal bukan hanya terjadi di Indonesia. Di Libanon sudah terlebih dahulu ada kasus semacam kasus Tina Agustina asala Sumedang.

Pada tahun 1996 di Libanon ada seorang gadis bernama Hasnah Mohamed yang menggemparkan dunia kesehatan dengan air mata kristalnya. Namun, menurut The Museum of Hoaxes fenomena tersebut palsu adanya.

Joe Nickell mendedah fenomena air mata kristal itu di artikel yang dimuat di Skeptical Inquirer. Di dalam website tersebut ia mengatakan ia pun bisa membuat tipuan semacam itu.

Untuk melakukan tipuan air mata kristal seperti itu yang diperlukan adalah tipuan kamera yang seakan-akan membuat kantong di bawah kelopak matanya, kemudian menaruh kumpulan kristal di dalamnya. Ketika reporter dari telivisi menyorotnya, maka tinggal tekan bagian kelopak mata bawah agar kristalnya keluar. Memang kristal yang keluar dari mata Hasnah terlihat tajam-tajam, tapi itu tidak akan membahayakan dirinya.

Inilah video Hasnah Mohamed ketika sedang mengeluarkan air mata palsu kristalnya.

Jika yang di Libanon palsu, lalu bagaimana dengan yang di Indonesia? Seperti yang baru diberitakan bahwa Tina Agustina seorang gadis asal Sumedang dinilai sehat secara fisik setelah diperiksa dokter di Rumah Sakit Mata Cicendo, Bandung. Namun ternyata dokter yang ditemui Tina mengatakan bahwa air mata kristal yang dikeluarkan Tina juga ternyata palsu.

Hikmat Wangsaatmadja menyatakan bahwa setelah melewati serangkaian tes kesehatan mata, Tina sama sekali tidak mengalami kelainan mata apapun atau memiliki penyakit khusus pada matanya.

Batu kristal yang keluar dari mata Tina juga sudah diperiksa di laboratorium dan ternyata batu itu bukanlah batu kristal asli melainkan semacam batu kristal buatan dari bahan imitasi/sintesis.

Jelas bahwa apa yang dialami Tina bukanlah karena keajaiban dan kelainan pada tubuhnya, melainkan ini adalah kepalsuan untuk menggemparkan dunia kedokteran.

Tim dokter juga menambahkan jika seseorang ingin melakukan hal yang sama seperti Tina, mereka juga bisa mencobanya. Caranya adalah dengan meletakkan batu kristal tiruan tersebut ke dalam kelopak mata bagian atas, lalu cara mengeluarkannya adalah dengan menekan-nekannya sampai batu kristal tersebut turun ke kelopak mata bagian bawah, setelah itu barulah batu kristal tersebut dikeluarkan.

Ternyata dibalik hal-hal yang selalu dikaitkan dengan kekuatan mistis, selalu ada penjelasan ilmiah-nya. Jadi, Anda mau percaya yang mana?

The Museum of Hoaxes

Comment di sini