Prediksi: Facebook Akan Lenyap Tahun 2020

by
June 6th, 2012 at 9:01 am

REUTERS/Eric Thayer

Julukan sebagai situs jejaring sosial terbesar di dunia ternyata tidak mampu membuat Facebook jaya selamanya. Menurut para pengamat, situs besutan Mark Zuckerberg ini akan lenyap pada tahun 2020.

“Dalam lima hingga delapan tahun (2017-2020), mereka (Facebook) bakal lenyap, seperti Yahoo,” kata Eric Jackson dalam acara “Squawk on The Street” di stasiun televisi CNBC, Senin (4/6/2012) lalu seperti dikutip dari Mashable.

Eric Jackson yang merupakan pendiri Ironfire Capital berpendapat nilai saham Facebook yang belakangan mulai menurun menjadi salah satu pertanda kebangkrutan Facebook. Lambat laun saham Facebook akan turun hingga situs jejaring sosial tersebut lenyap.

Facebook Inc. sebelum menawarkan harga saham perdananya (IPO) telah menjelaskan “faktor risiko” yang akan dihadapi Facebook kedepannya. Adapun risiko yang dimaksud adalah makin banyaknya pengguna yang mengakses Facebook menggunakan perangkat mobile. Dengan demikan Facebook akan mengalami penurunan penghasilan.

Menurut Jackson, Facebook akan kehilangan penghasilan dari sektor iklan karena pengguna mobile ini. Pasalnya situs Facebook yang diakses dari mobile bebas dari periklanan. Padahal penghasilan terbesar Facebook adalah dari sektor periklanan ini.

Hingga saat ini Facebook memang tengah mencari cara untuk mengatasi masalah ini. Bahkan Facebook juga telah membeli Instagram yang dianggap akan menjadi rival terberatnya nanti. Namun Jackson menjelaskan, Facebook akan tetap mengalami kesulitan meski mereka telah membeli sejumlah perusahaan mobile.

“Tetapi mereka tetaplah website yang ‘gemuk’, tidak seperti aplikasi mobile,jelas Jackson.

Sejauh ini saham Facebook memang tengah mengalami penurunan. Pada 18 Mei lalu, IPO saham Facebook yang dilepas dengan harga 38 dollar AS per lembar turun jadi 26,90 dollar AS pada Senin (4/6/2012). Penurunan ini langsung membuat CEO Facebook Inc. Mark Zuckerberg mendadak “kere”.

Benarkah pengguna Facebook mobile akan membuat Facebook lenyap tahun 2020? Kita lihat saja nanti.. :)

Comment di sini