Survei: Demokrasi Jelek di Mata Pemuda-pemudi Australia

by
June 6th, 2012 at 11:55 am

Dulunya Australia merupakan negara jajahan Inggris, sehingga sedikit banyak bentuk pemerintahan di Australia sekarang ini masih berisi bayang-bayang dari pemerintahan di Inggris. Apakah Australia sudah benar-benar meraih kebebasannya?

Ketika masa Perang Dunia ke-2, tokoh nasional yang juga Perdana Menteri Inggris pernah mengatakan, “Demokrasi adalah bentuk pemerintahan terburuk, kecuali bagi sistem-sistem lain yang pernah dicoba dari waktu ke waktu.”

Winston menjadi orang yang sangat berpengaruh pada masa-masa perang tersebut karena dialah yang mengatur strategi perang Inggris. Winston juga terkenal dengan gagasan-gagasannya di dunia politik termasuk juga buku-buku berbahasa Inggris yang ditulisnya.

Namun, para pemuda-pemudi di Australia beranggapan bahwa demokrasi bukanlah bentuk pemerintahan yang terbaik bagi Australia. Sebuah survei di Australia membuktikan bahwa hanya 39% pemuda-pemuda Australia beranggapan bahwa Demokrasi adalah sistem pemerintahan yang terbaik dibanding bentuk pemerintahan lainnya seperti presidensial, liberal, kapital, monarki, dan sebagainya.

Sisanya berpendapat bahwa tidak ada aturan dalam sistem demokrasi yang dinilai baik, bahkan ada yang sama sekali tidak peduli terhadap pemerintahan di Australia.

Sebuah institut di Sydney bernama Lowy Institute menarik kesimpulan setelah perundingan yang melibatkan lebih dari 1000 orang, bahwa sebenarnya Australia menentang perang Afganistan, dan penjualan uranium ke India.

Hal ini terbukti ketika survei yang dilakukan pada 26 Maret hingga 10 April, sebelum pemerintah Australia resmi menarik mundur pasukannya dari Afganistan, sekitar 65% memilih sudah seharusnya pasukan Australia keluar dari Afganistan.

Termasuk juga beberapa hal lain yang sebenarnya tidak disetujui oleh Australia sendiri, yaitu latihan perang dengan tentara Amerika Serikat di Darwin, serta investasi negara China yang dibiarkan masuk oleh pemerintah hingga mencapai lebih dari 50%.

Mungkin hal-hal semacam ini yang dirasa mengganggu bagi pemuda-pemuda Australia sehingga mereka berpikir bahwa demokrasi bukanlah hal yang terpenting dan itu tidak bisa dikatakan sebagai sistem pemerintahan yang terbaik bagi Australia.

Fox

Comment di sini