Unik: Danau Berwarna Merah Muda

by
June 6th, 2012 at 4:55 pm

Di Indonesia kita tahu bahwa ada danau tiga warna yang konon katanya, warna dari danau itu bisa berubah-ubah. Tapi ada berita unik dari Afrika.

Danau yang bernama Retba ini terletak memanjang di semenanjung Senegal, Dakar, Afrika Barat. Yang unik dari danau ini adalah warna merah muda (pink) pada air danau yang merupakan danau air asin.

Barcroft/Huffington Post

Mengapa air danau ini bisa berwarna merah muda layaknya strawberry milkshake?

Menurut penjelasan seorang ahli bakteri dari Universitas Bath, Michael Danson, warna merah muda pada danau Retba ini ternyata hasil dari kadar garam yang sangat tinggi pada danau ini bereaksi dengan tumbuhan ganggang yaitu jenis Dunaliella salina. Dari hasil reaksi itu menimbulkan pigmen merah pada air danau yang kemudian menjadi warna merah muda karena pencahayaan sinar matahari dan percampuran dengan air danau itu sendiri.

Barcroft Media/Amusing Planet

Danau ini memiliki kadar garam yang sangat tinggi, yaitu 40% dan hampir sama dengan kadar garam pada Laut Mati. Bagi orang yang tidak bisa berenang, tidak akan tenggelam jika berenang di danau ini sebab masa jenis garam dalam air mampu membuat tubuh manusia terapung.

Sudah sejak tahun 1970, warga sekitar danau Retba ini memanfaatkan kadar garam dari danau ini untuk mendapatkan mineralnya, ada juga yang mengeringkan garamnya untuk konsumsi pribadi.

Barcroft/Huffington Post

Tumpukan garam di pinggir danau dapat dilihat pada gambar di atas.

World Picture Network/Global Tourism

Inilah foto warga yang sedang menambang garam dari danau Retba yang dijadikan sebagai sumber penghasilan mereka.

Tidak hanya warna yang membuat keunikan tersendiri bagi danau yang ada di Afrika ini, tapi danau Retba ini juga bisa menjadi sumber mata pencaharian bagi warga yang hidup di sekitarnya.

Amusing Planet

Comment di sini