Youface: Plagiat Facebook Asal Uzbekistan

by
June 6th, 2012 at 1:39 pm


Kesuksesan yang diraih Facebook tentu membuat banyak orang ingin menirunya. Selain ingin meniru kesuksesannya, kini juga muncul sebuah situs jejaring sosial bernama Youface yang disebut-sebut sebagai peniru atau plagiat Facebook.

Youface adalah sebuah situs jejaring sosial yang berasal dari Uzbekistan. Youface didirikan oleh pemuda Uzbekistan yang bernama Ayyub Abdullah dan diluncurkan pada 5 Mei yang lalu. Berbeda dengan Facebook, Youface memilih menggunakan domain lokal Uzbekistan yaitu .uz.

Meskipun begitu, Youface disebut-sebut adalah situs jejaring sosial tiruan dari Facebook. Pasalnya desain website yang dipakai Youface.uz sangatlah mirip dengan desain yang pakai Facebook.com yakni biru dan putih.

Selain itu, logo Youface yang terletak di pojok kiri atas juga mirip sekali dengan logo Facebook. Dan di halaman pertama, terdapat sebuah form untuk pendaftaran user baru yang mirip sekali dengan form pendaftaran Facebook.

Letak dari ‘motto’ Youface juga sama persis dengan letak ‘motto’ Facebook di halaman pertamanya. Hanya saja, Youface menaruh sebuah gambar bola dunia sedangkan Facebook menggunakan gambar peta dunia.

Untuk form pendaftaran Youface hanya menyediakan tiga kolom saja yakni, nama, email dan nomor telepon. Sedangkan Facebook menyediakan lima kolom yang harus di isi untuk menjadi user baru.

Berikut tampilan awal dari Youface.uz:

 

Tampilan awal Facebook:

Meskipun hampir semua bagian Youface sama dengan Facebook, Abdullah selaku pendirinya membantah kalau Youface adalah plagiat Facebook. “Ini tidak sama dengan Facebook, tapi hanya tampak seperti Facebook,” ujar Abdullah.

Walaupun Youface sejak awal ditujukan untuk pengguna internet Uzbekistan, Abdullah mendirikan kantor pusatnya di Dubai, India. Alasannya di Uzbekistan, pemerintahnya selalu membatasi penggunaan internet untuk warganya, bahkan beberapa situs juga diblokir.

Bagaimana menurut kamu, Youface dan Facebook sangat mirip bukan?

Comment di sini