Ada Bayi Terlahir Tanpa Mata

by
June 7th, 2012 at 12:05 pm

Quirky China News/Rex Features

Bayi yang kini berusia delapan bulan asal China, Marwanijung terlahir tanpa mata. Semua bagian kepala Marwanijung yang harusnya ada mata tertutup rapat oleh kulit. Ketidak mampuan ekonomi membuat bayi malang ini belum juga mendapat perawatan.

Marwanijung lahir dari pasangan etnis Uighur, China. Ibunya bernama Salamu dan ayahnya bernama Madamihan. Salamu mengakui sempat kaget melihat anaknya terlahir tanpa mata. Namun karena alasan ekonomi, pasangan ini pun tidak mampu berbuat banyak untuk bayi mereka.

Baru setelah beberapa bulan, Salamu beserta sang suami akhirnya membawa Marwanjiung ke sebuah rumah sakit di Urumqi, Xinjiang, China. Dokter yang melakukan pemeriksaan menuturkan bahwa ketertarikan Marwanijung terhadap cahaya itu adalah tanda kalau masih ada bola mata namun tertutup kulit.

Quirky China News/Rex Features

“Dia ingin sekali melihat cahaya dan kita berdoa setiap hari bahwa ia bisa melihat cahaya,” kita ayah bayi malang itu.

Menurut keterangan dokter, Marwanijung ternyata masih memiliki sebuah bola mata di sebelah kiri. Namun sayang, Marwanijung tidak bisa menjalani operasi karena mata yang dimilikinya itu tidak memiliki lensa.

Para ahli di Rumah Sakit Angkatan Darat 474 China menyarankan sebaiknya Marwanijung melakukan instalasi mata buatan. Namun, instalasi mata buatan ini hanya bisa dilakukan pada saat Marwanijung berusia 16 tahun.

Keluarga Marwanijung pun kini hanya bisa berpasrah diri dengan kondisi anaknya ini. Marwanijung akan tetap dalam dunia yang gelas sampai dia berusia 16 tahun.

Bayi lahir tanpa mata bukanlah pertama kali ini saja. Sebelumnya sebuah video bayi bernama Christian juga memperlihatkan sebuah bayi yang lahir tanpa mata. Hanya saja keanehan ini disebabkan oleh sumbing tessier.

Sementara di tahun 2010 lalu, putri Taylor Garrison yang bernama Brielle lahir dengan kelopak mata tanpa bola mata dan jaringan apapun. Belum ada pihak rumah sakit yang bisa melakukan tindakan karena penderita masih bayi.

Comment di sini