Desa Muslim Kok Memproduksi Wine?

by
June 7th, 2012 at 9:45 am

Bagi para pencinta minuman anggur atau yang lebih dikenal dengan sebutan wine, mungkin akan datang mengunjungi sebuah desa kecil di Turki yang bernama desa Sirince, dekat dengan Ephesus.

Desa ini terkenal dari wine hasil olahannya yang dapat dicicipi juga.

Kisah pembuatan wine di desa ini berawal dari warga desa asli yang merupakan penganut Kristen Orthodox Yunani ketika zaman Kekaisaran Ottoman. Pada masa itu, desa ini sudah terkenal dengan kepiawaiannya memproduksi wine.

Kemudian warga Muslim Turki yang pindah ke desa Sirince dari Tesalonika, Yunani pada tahun 1924 mulai membuat kembali minuman wine dari buah-buahan lokal yang ada di desa tersebut. Tidak hanya buah anggur yang dipergunakan tapi juga dipadukan dengan apel, pisang, aprikot, dan beberapa jenis buah beri seperti strawberi, dan blueberi.

Alhasil, perubahan tersebut membuat desa Sirince sekarang lebih dikenal sebagai desa Muslim penghasil wine terbaik di Turki. Jika Anda tertarik untuk mencicipi langsung wine hasil buatan warga desa ini, Anda bisa datang ke Turki dan langsung menuju desa Sirince yang berada di perbukitan dan Anda juga bisa menikmati pemandangan seluruh negara Turki dari sana.

Meskipun wine mengandung alkohol, namun produksi minuman Barat ini tetap berlangsung karena sudah menjadi tradisi sekaligus mata pencaharian para penduduk desa yang mayoritas beragama Islam.

Berikut ini beberapa foto suasana desa Sirince:

Ephesus

Inilah penampilan desa Sirince

Turkish Travel Blog

Persediaan wine di salah satu rumah produksi wine di desa Sirince.

Food Buzz

Selain terkenal dengan produksinya, desa ini juga menyajikan wine untuk dicicip. Bagi para pengunjung yang ingin menguji kepekaannya terhadap macam-macam kenikmataan wine.

Turkish Muse

Selain terkenal dengan wine-nya, desa Sirince juga terkenal dengan pertokoan di sepanjang desa ini.

Itulah keindahan desa Sirince yang terkenal sebagai surganya para pecinta wine dari seluruh dunia.

Turkish Travel Blog

Comment di sini