Awas! Lensa Kontak Bisa Bikin Buta

by
June 7th, 2012 at 11:26 am

Kamu suka memakai lensa kontak? Lensak kontak bukan hanya untuk membantu penglihatan tapi sekarang benda ini juga berfungsi untuk membuat penampilan lebih menarik. Lensa kontak pun sekarang tersedia dalam berbagai warna, mulai dari yang sama dengan warna mata kita sampai dengan motif yang cukup aneh pun juga tersedia.

Jika kamu termasuk orang yang sering menggunakan lensa kontak untuk menunjang penampilan, kamu sebaiknya mengetahui apa saja efek buruk yang bisa disebabkan oleh lensa kontak mulai dari yang paling ringan hingga yang paling berat.

Resiko iritasi pada mata adalah yang paling sering terjadi. Hal ini bisa saja terjadi jika kamu tidak memperhatikan kebersihan lensa kontak yang dipakai setiap hari. Bola mata bisa jadi terganggu sehingga menjadi kering, mata kabur, gatal hingga buta.

Kebersihan lensa kontak adalah hal yang paling penting bagi mata. Jika akan memakai lensa kontak, cuci tangan sebelum menyentuh lensa kontak. Kebiasaan kecil ini akan menghindarkan kamu dari efek buruk lensa kontak yang kotor.

Menggunakan lensa kontak pun harus hati-hati karena bisa membuat kornea mata tergores dan mata menjadi kering. Menurut seorang profesor ahli mata dari Southwestern Medical Center, Dr. H. Dwight Cavanagh, di Amerika Serikat dalam tulisannya yang berjudul “Eye and Contact lens” tahun 2003 menyebutkan ada sekitar 2.500 pengguna lensa kontak yang mengalami “Corneal ulcer” yang terjadi pada pengguna lensa kontak setiap hari.

Corneal ulcer adalah luka terbuka pada kornea mata. Hal ini bisa terjadi akibat goresan atau luka kecil akibat penggunaan lensa kontak yang kurang hati-hati. Gejala yang muncul biasanya peningkatan produksi air mata, gatal, nyeri dan juga pandangan kabur. Jika gejala ini muncul, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk perawatan intensif sebelum terjadi kebutaan.

Comment di sini