Bekasi dan Lampung Kota Terkotor Se-Indonesia

by
June 7th, 2012 at 11:19 am
Discarded Trash

Getty Image / Paul Cooklin

Dua kota terkotor di Indonesia baru saja diumumkan. Untuk kategori Kota Metropolitan terkotor, Kota Bekasi yang terpilih. Sedangkan untuk predikat Kota Besar terkotor diberikan kepada Kota Bandar Lampung.

Hal ini diumumkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dalam konferensi pers peringatan hari Lingkungan Hidup sedunia, 5 Juni 2012.

Dalam acara yang diselengarakan di Hotel Grand Sahid tersebut, Ilyas Asaad, yang menjabat sebagai Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementrian Lingkungan Hidup, mengatakan bahwa pengumuman ini bukan untuk mempermalukan, tapi supaya dapat jadi pemicu bagi seluruh pihak di kota tersebut,” ungkapnya seperti dikutip dari Tempo.

Terakhir kali, Kementrian Lingkungan Hidup mengumumkan kota terkotor pada  2005. Saat itu Kota Tangerang dan Kota Palembang yang mendapatkan predikat Kota Terkotor. Kini, tujuh tahun kemudian, kedua kota tersebut meraih penghargaan Adipura.

Kementrian Lingkungan Hidup juga memberikan 402 penghargaan lingkungan hidup berupa Kalpataru, Adipura, Adiwiyata mandiri, dan penyusunan Status Lingkungan Hidup Terbaik kepada pemerintah daerah, sekolah, serta individu yang berjasa meningkatkan kualitas lingkungan hidupnya.

Dalam upacara yang bertemakan “Ekonomi Hijau: Ubah Perilaku, Tingkatkan Kualitas Lingkungan” tersebut, Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya berharap bahwa Indonesia dapat tampil memimpin upaya global menuju pembangunan yang berkelanjutan bermodalkan berbagai inisiatif, kebijakan, dan program yang mendukung penerapan ekonomi hijau.

Comment di sini