CiriCara: 10 Cara Atasi Rambut Lepek

by
June 7th, 2012 at 10:27 am

Salah satu hal yang dapat menunjang penampilan adalah penampilan rambut. Jika rambut terlihat indah dan menawan, seluruh harimu juga pasti menyenangkan dan kamu juga lebih percaya diri.

Salah satu masalah yang sering membuat kaum hawa adalah rambut yang lepek. Rambut lepek dipengaruhi oleh kondisi rambut.

Namun, meski dipengaruhi oleh kondisi rambut bukan berarti tidak ada cara mengatasi rambut lepek. Rambut yang mengkilap dan tampak berat biasanya karena produksi “sebum” atau pelembab alami yang berlebihan.

Sebagai solosui, simak cara mengatasi rambut lepek berikut ini:

1. Sampo khusus rambut berminyak

Gunakan sampo yang memang khusus dibuat untuk rambut berminyak. Kandungan zat didalamnya bisa membuat produksi minyak alami rambut berkurang sehingga rambut tidak akan mudah lepek.

2. Gunakan sampo secukupnya

Tidak perlu takut menggunakan sampo sehingga hanya memakai sedikit. Yang perlu diperhatikan adalah jumlah yang tepat. Gunakan sedikit demi sedikit hingga berbusa dan jangan dibiarkan terlalu lama di kepala. Semakin cepat dibilas makin baik.

3. Hindari sampo anak-anak dan bayi

Sampo bayi dan anak-anak memiliki kandungan yang berbeda sehingga sudah tidak sesuai dengan kebutuhan rambut remaja dan dewasa. Minyak di dalam sampo anak dan bayi tidak cocok untuk usia remaja dan dewasa.

4. Jangan gunakan air panas

Air panas memang sangat menyenangkan untuk mandi, tapi ternyata tidak bagus untuk rambut. Air panas dapat membuat rambut jadi lebih rapuh dan mudah rontok. Slain itu, air panas malah akan membuat rambut kering sehingga produksi minyak alami rambut jadi makin banyak hasilnya.

5. Pijat kulit kepala

Saat keramasa sebaiknya pijit kulit kepala dengan lembut. Ini akan membuat kandungan sampo meresap sampai ke akar rambut tapi jangan terlalu lama. Kemudian bilas dengan air bersih sampai pada akar rambut.

6. Jauhkan pengering dari akar rambut

Saat menggunakan pengering rambut, sebisa mungkin jangan dekatkan alat pada kulit kepala karena hanya akan mendorong produksi minyak berlebih. Jarak yang baik untuk penggunaan pengering rambut adalah 15 cm. Sebaiknya saat mengeringkan rambut, rambut cukup ditekan-tekan dan biarkan kering secara natural.

7. Hindari produk styling

Produk styling hanya akan membuat rambut jadi lebih berminyak dan lepek karena kandungan bahan kimianya.

8. Jangan gosok kulit kepala

Menggosok kulit kepala saat basah apalagi saat keramas terlalu keras tidak disarankan apalagi jika kamu tidak ingin rambut kamu terlihat lepek karena produksi minyak meningkat.

9. Sisir gading, kayu atau plastik

Menggunakan sisir rambut yang jarang dan bergigi besar ataupun yang terbuat dari plastik, atau gading bagus untuk rambut,  namun jangan terlalu sering karena hanya akan membuat rambut memproduksi minyak berlebih.

10. Keramas tiap hari

Khusus rambut berminyak, keramas tiap hari memang bagus namun untuk penggunaan kondisioner sebaiknya dua atau tiga hari sekali. Kandungan pelembab kondisioner akan membuat rambut jadi lepek.

Kesepuluh cara itu bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan mudah. Keramas pun ada triknya agar rambut jadi lebih ringan dan segar sebaiknya kamu perhatikan perawatan rambut lepek kamu.

Comment di sini