CiriCara: Cara Agar Pisang Goreng Crispy dan Crunchy

by
June 7th, 2012 at 9:51 am

Pisang goreng merupakan salah satu camilan yang sangat digemari di Indonesia. Makanan ini biasa didapatkan dengan memasak sendiri di rumah atau membeli di pedagang gorengan. Hanya saja kadang kita tidak mendapat pisang goreng yang crunchy dan crispy padahal pisang goreng yang enak yang adalah yang masih renyah.

Ternyata membuat pisang goreng yangcrunchy dan crispy ada triknya. Mau tahu caranya seperti apa?

1. Pisang

Pisang yang paling enak untuk digoreng adalah pisang tanduk khususnya pisang tanduk Sukabumi. Pisang dari sukabumi ini biasanya lebih manis dengan tekstur daging yang kenyal dan seratnya tidak hitam. Pilih yang kulitnya berwarna kuning.

2. Adonan tepung

Untuk membuat adonan yang tepat, gunakan tepung terigu dan juga tepung beras. Campur 1 kilogram tepung beras dengan setengah kilogram tepung terigu. Tidak perlu tepung terigu terlalu banyak karena hasilnya tidak akan renyah jika tepung terigu terlalu banyak. Sedangkan untuk airnya, gunakan perbandingan 1:1 jadi 1,5 kg campuran tepung harus dilarutkan dengan 1,5 liter air.

3. Tanpa dicampur telur

Biasanya orang akan mencampur telur dalam adonan namun ini sebaiknya dihindari jika ingin pisang renyah. Telur hanya akan menyerap minyak dan membuat pisang jadi lembek dan tidak kremes.

4. Penggorengan

Jika ingin memiliki hasil yang maksimal, sebaiknya menggunakan 2 penggorengan yang sama-sama diisi minyak panas. Wajan yang satu digunakan untuk mematangkan sedang yang kedua digunakan untuk menuang bahan kremes.

5. Minyak panas

Bahan kremes hanya bisa mengambang jika minyak sudah benar-benar panas setelah bahan kremesan mengambang, api harus dikecilkan agar bahan kremes tidak terlalu kering. Jangan lupa siapkan tirisan agar pisang kremes kamu lebih kesat tanpa minyak berlebih.

Itu dia 5 cara agar mendapat pisang crispy dan crunchy yang nikmat. Mudah sekali kan membuatnya?

Comment di sini