Kaum Gay Gelar Potong Rambut Gratis

by
June 7th, 2012 at 10:16 am
Man Getting Haircut

Getty Image / Paul Burns

Dalam tempo empat jam, para peserta aksi potong rambut gratis telah berhasil memangkas rambut 97 orang. Aksi yang mengambil tempat di Alun-Alun Kota Malang tersebut diikuti oleh 10 salon. Menurut Gatot Wartono, yang biasa dipanggil Giti, acara ini bertujuan untuk lebih mendekatkan kaum gay dengan warga Malang melalui kegiatan yang positif.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Ikatan Gaya Arema (Igama) untuk memperingati International Days Against Homophobia and Transphobia (IDAHOT). Homophobia dan Transphobia adalah perasaan ketakutan secara terus menerus ada dan tidak rasional terhadap gay, transgender, dan lesbian. Ketakutan tersebut seringkali memunculkan reaksi berlebihan yang membuat kaum gay, transgender, dan lesbian merasa terintimidasi atau bahkan mendapatkan kekerasan secara fisik.

Kegiatan tersebut mendapat reaksi yang bagus dari masyarakat. Warga yang tertarik dan ikut mendapatkan potong rambut gratis tersebut terlihat puas dengan hasil potongannya. Selain mendapat potong rambut gratis, warga juga mendapatkan jajanan berupa roti dan kue.

Seperti dikutip dari Tempo, dengan peringatan IDAHOT ini mereka meminta masyarakat menerima kaum gay secara terbuka serta menghentikan aksi kekerasan da aksi menghakimi kaum gay.

Menurut Minul, salah satu pemilik salon yang terpaksa menutup salonnya selama satu hari untuk mengikuti kegiatan ini, perilaku seksual merupakan kebutuhan individu yang sangat pribadi. “Asal tak mengganggu dan menyakiti orang lain,” katanya.

Comment di sini