Orang-orang Ini Kaya Karena Video Game

by
June 7th, 2012 at 10:32 am

Belakangan ini, video game merupakan salah satu industri yang terus berkembang dengan cepat. Karena itulah, industri video game menjadi salah satu lading uang bagi orang-orang yang bisa mengembangkan kemampuan mereka. CNBC mengungkapkan bahwa rata-rata kaum profesional yang bekerja di bidang video game ini mampu mendapatkan pendapatan lebih dari 81.000 dollar Amerika per tahunnya. Dan di antara ratusan atau bahkan ribuan orang tersebut, ada beberapa yang berhasil mendapatkan kekayaan hingga milyaran dollar, hanya dari video game. Siapa saja orang tersebut?

Berikut nama-nama mereka:

1. Jason West dan Vince Zampella

Bagi kamu yang suka main game first person shooter (FPS) seri Call of Duty, tentu tidak asing dengan kedua orang ini. Ya, mereka berdualah orang yang berada di balik layar pembuatan seri Call of Duty yang begitu berhasil. Mereka telah keluar dari Activision, namun tidak secara baik-baik. Mereka keluar karena adanya permasalahan dari pembagian hak bonus mereka atas kesuksesan Call of Duty. Walaupun demikian, kini mereka sudah bekerja sama dengan Electronic Arts, yang pastinya akan menambah jumlah uang di rekening mereka.

2. Marc Pincus

Mungkin bagi sebagian orang, nama Marc Pincus itu asing. Marc adalah salah seorang pemilik Zynga, salah satu developer game berbasis web seperti FarmVille di Facebook. Beliau memiliki kekayaan yang diperkirakan mencapai 1,2 miliar dollar Amerika. Tidak hanya Zynga, Marc juga dikenal sebagai pemilik saham di Facebook. Biarpun IPO Zynga dan Facebook tidak terlalu sukses, namun diperkirakan kekayaan Marc masih akan bertambah lagi hingga 115 juta dollar seiring dengan Facebook yang sudah go public.

3. Gabe Newell

Banyak diantara kita pasti yang sudah tidak asing dengan Half Life dan Counter Strike. Nah, Gabe Newell adalah salah satu orang yang berada di balik game-game sukses tersebut. Beliau merupakan salah satu pendiri Valve dan Steam. Pengalamannya yang sudah malang melintang di dunia game selama lebih dari 16 tahun menyebabkan Forbes berani memprediksi kekayaannya yang mencapai 1,5 miliar dollar US. Dan belakangan ini, Steam sebagai salah satu layanan distribusi digital juga sudah semakin berkembang. Maka tidak diragukan lagi, dalam waktu dekat ini, kekayaan Gabe masih akan terus bertambah.

4. Hiroshi Yamauchi

Mantan chairman Nintendo. Satu jabatan itu pasti sudah bisa membuat orang-orang berpikir berapa besar kekayaan kakek berusia 84 tahun ini. Ya, hal ini tidak lain karena Nintendo adalah salah satu produk video game buata Jepang yang sangat populer. Berbarengan dengan kesuksesan Nintendo, Yamauchi pun sempat menduduki posisi ketiga dalam daftar orang terkaya di Jepang. Pensiun pada tahun 2005, kini beliau masih memegang saham mayoritas di Nintendo.

5. Sam & Dan Houser

Bagi kamu pecinta game seri Grand Theft Auto, inilah dua bersaudara yang berada di balik waralaba game terkenal itu. Mereka berdua telah dikontrak dua kali berturut-turut selama beberapa tahun belakangan oleh Take Two Entertainment. Tidak pernah ada pengumuman resmi berapa besar kompensasi yang mereka terima dari perjanjian kontrak ini. Tapi kabar terakhir yang menyatakan bahwa Sam Houser telah berhasil membeli sebuah mansion seharga 12,5 juta dolar US. Transaksi ini merupakan transaksi property termahal di New York. Nampaknya dengan transaksi itu saja sudah bisa membuat kita mengira-ngira bukan seberapa besar kekayaan mereka?

Comment di sini