Siswi Peraih Nilai UN Tertinggi Gagal Dapat Beasiswa

by
June 7th, 2012 at 9:41 am

Mutiarani siswi SMKN 2 Semarang peraih nilai Ujian Nasional (UN) tertinggi tingkat SMA sederajat gagal dapat beasiswa. Dia dinyatakan tidak lolos dalam program Bidik Misi di Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Seperti dikutip dari Tempo, Mutiarani mengetahui kabar ini dari pihak sekolahnya. “Pihak sekolah yang mengabarkan saya tak lulus program Bidik Misi,” kata Mutiarani kepada wartawan, Rabu (6/6/2012) lalu.

Karena dinyatakan gagal di program beasiswa Bidik Misi itu, Mutiarani mengaku masih belum tahu langkah ke depannya. Ia mengaku ingin melanjutkan kuliah, namun keluarganya tidak punya biaya yang cukup. Saat ini Mutiarani dan keluarganya masih merundingkan rencana untuk kuliah tersebut.

Juru bicara Universitas Negeri Semarang Sucipto Hadi Purnomo menjelaskan, program Bidik Misi melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan tidak hanya didasarkan pada nilai UN saja, tapi juga nilai rapor dan prestasi selama sekolah.

Sucipto menyatakan Mutiarani tak mungkin direkrut di Unnes melalui jalus Bidik Misi karena nilai rapor dan prestasinya selama bersekolah di SMKN 2 Semarang tidak berada di atas. “Ketika didasarkan pada nilai rapor, Mutiarani tak selalu peringkat satu,” kata dia.

Karena nilai rapor dan prestasi Mutiarani selama di SMK yang tidak begitu bagus, pihak Unnes akhirnya menyatakan Mutiarani gagal mengambil program Bidik Misi. Pasalnya program ini hanya untuk siswa yang berprestasi di nilai rapor ataupun di hasil ujian akhir nasionalnya.

Meski demikian, kesempatan Mutiarani untuk berkuliah masih terbuka. Pasalnya pihak Dinas Pendidikan Kota Semarang dan pihak terkait akan melobi pihak Unnes. “Jika Mutiarani ingin masuk ke Universitas Negeri Semarang (Unnes), maka pihak terkait sebisa mungkin bantu melobi,” kata Wakil Walikota Semarang, Hendar Prihadi, Rabu (6/6/2012).

Mutiarani dinobatkan sebagai peraih nilai UN tertinggi tingkat SMA atau sederajat. Adapun nilai UN yang diraih Mutiarani adalah Bahasa Indonesia 9,8, Bahasa Inggris 9,8, Matematika 10, dan Kompetensi Akuntansi 9,0 jadi total nilainya adalah 38,60.

Comment di sini