Ternyata Uskup di Film “Soegija” Seorang Muslim

by
June 7th, 2012 at 2:26 pm

Pemeran tokoh uskup (pimpinan Gereja) di film “Soegija” ternyata seorang muslim atau orang beragama Islam. Aktor berkacamata bulat tersebut bernama Nirwan Dewanto. Ia mengaku kalau dia adalah muslim.

Nirwan saat diwawancarai oleh sejumlah wartawan mengaku kalau dirinya beragama Islam. “Saya muslim. Dalam film ini saya berperan sebagai uskup pertama di Indonesia,” jelas Nirwan seperti dikutip dari Kapanlagi.

Meski memerankan seorang tokoh beragama Kristen, Nirwan mengaku tetap yakin dengan agama yang dianutnya sekarang. “Setelah syuting dan setelah menonton film ini, keyakinan Islam saya sama sekali tidak goyah,” tegas Nirwan.

Lalu apa tanggapan Nirwan soal kontroversi yang melanda film “Soegija” yang diperankannya itu. Apakah benar, film ini dapat mempengaruhi keimanan seseorang seperti yang sudah diberitakan sebelumnya?

“Jangan menilai sebelum Anda menontonya secara utuh,” jelas Nirwan mengenai kontroversi film yang bertema keagamaan itu.

Nirwan menjelaskan awalnya dia ragu-ragu untuk terjun ke dunia akting. Namun Garin Nugroho produser film “Soegija” terus memaksa Nirwan untuk ikut dalam film yang biayanya mencapai Rp 12 miliar itu. Karena terus dipaksa, akhirnya Nirwan pun menerima tawaran tersebut.

Meski terkesan ceritanya berisi cerita Kristen, munculnya Nirwan dalam film ini diharapkan bisa menjadi lambang toleransi antar umat beragama di Indonesia. Pasalnya, film Soegija yang mengangkat sosok Uskup Soegijopranoto, bukan media kristenisasi, tapi menggambarkan nasionalisme seorang pemimpin umat Katolik.

Produser Eksekutif Film Soegija, Iswarahadi mengatakan film yang menghabiskan dana sekitar Rp 12 miliar tersebut, akan mulai diputar di bioskop Yogyakarta pada, Kamis, 7 Juni 2012 ini. “Kami mengajak Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk menyaksikan pemutaran perdana film Soegija di bioskop Yogyakarta,” katanya.

Comment di sini