Akhirnya ISL dan IPL Berdamai

by
June 8th, 2012 at 3:11 pm

Inilah

Kisruh antar kelompok yang mengakibatkan pecahnya kompetisi bola di Indonesia akhirnya bisa teratasi. Kini pihak PSSI dan PSSI hasil Kongres Luar Biasa kini sepakat untuk berdamai. Dengan ini kompetisi bola ISL dan IPL pun ikut berdamai.

Sebelumnya pihak PSSI yang dipimpin Djohar Arifin dengan pihak Komisi Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI/PSSI-KLB) versi La Nyalla Mattalitti dan Indonesia Super League (ISL) serta Indonesia Premier League (IPL) sepakat untuk berdamai.

Keempat lembaga sepak bola Indonesia tersebut telah melakukan pertemuan perdamaian di Hotel JW Marriott, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu-Kamis (6-7 Juni 2012). Pertemuan juga melibatkan pihak FIFA dan AFC sebagai mediator damai.

Setelah melalui perundingan yang ‘alot’ akhirnya semua pihak setuju untuk berdamai. Mereka sepakat untuk mencipatkan sebuah kompetisi sepakbola baru untuk kemajuan sepak bola di Indonesia.

Djohar selaku Ketua Umum PSSI mengatakan, perdamaian ini dilakukan demi menjaga kemajuan sepakbola Indonesia. “Tidak ada yang menang atau kalah, ini adalah kemenangan sepak bola Indonesia,” kata Djohar usai tandatangan perdamaian.

Dhojar meminta kepada semua pihak tidak lagi menggunakan kata-kata kelompok. Karena saat ini semua lembaga persepakbolaan Indonesia dinyatakan sudah berdamai dan bersatu. “Mari kita menatap kejayaan sepak bola Indonesia,” ajak Dhojar seperti dikutip dari Tempo.

Sementara itu, Ketua KPSI La Nyalla Mattalitti menyatakan pihaknya berdamai hanya untuk kepentingan sepakbola Indonesia. Ia mengaku tidak mau jika nantinya sepak bola Indonesia yang akan jadi korban.

“Bagaimana juga saya tidak mau ada hal-hal yang merugikan sepak bola Indonesia,” kata La Nyalla yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PSSI hasil KLB.

Darihasil perdamaian tersebut semua pihak sepakat untuk membentuk komite gabungan (join komite). Nantinya komite gabungan ini akan ditugaskan untuk membuat kompetisi liga sepak bola profesional yang baru. Komite gabungan ini juga akan meminta bantuan FIFA dan AFC dalam mengevaluasi statuta dan masalah asosiasi lainnya.

Diharapkan, dengan terbentuknya kompetisi yang baru ini, persepakbolaan Indonesia akan membaik. Kejayaan timnas di kancah nasional juga tidak lagi meributkan pemain ISL atau IPL, semuanya akan bersatu.

Comment di sini