CiriCara: 8 Cara Agar Jadi Tambah Tinggi

by
June 8th, 2012 at 1:31 pm

Banyak yang mengatakan bahwa pertumbuhan wanita akan berhenti di usia 18-21 tahun. Namun ternyata masih ada kesempatan untuk menambah tinggi badan meskupun usia kamu sudah di atas 21 tahun. Caranya adalah dengan menggabungkan asupan gizi, latihan fisik, dan tidur yang teratur sebelum usia 30 tahun.

Bisa jadi pertumbuhan itu berhenti karena gaya hidup yang sudah tidak sehat lagi. Setelah usia 21 tahun kamu masih bisa bertambah tinggi sekitar 5 sampai 10 cm lagi. Berikut ini adalah beberapa cara memeperpanjang tulang belakang, memperkuat otot perut dan juga meningkatkan fleksibilitas.

1. Sprint (lari cepat jarak pendek)

Latihan seperti ini dapat membantu meningkatkan produksi hormon pertumbuhan. Tekanan pada kaki dapat membuat tulang dan otot jadi lebih panjang. Jika terlalu sering melakukan sprint bisa jadi pembengkakan pada otot dan juga tendon. Latihan ini bisa harus dilakukan di permukaan seperti lantai atau rumput.

2. Berayun

Kamu bisa menggunakan penahan atau ambang pintu yang tinggi untuk melakukan latihan ini. Awali dengan berdiri lalu biarkan tubuh berayun. Buat posisi senyaman mungkin, kamu bisa menekuk kaki atau lurus. Gerakan ini dilakukan sebanyak 10 kali sehari.

3. Lompat

Untuk latihan ini kamu perlu menggunakan bangku atau tangga setinggi kaki. Lompat dengan satu kaki dalam sepuluh hitungan lalu ulangi dengan kaki lain. Lakukan lompatan hingga tiga kali sebelum beristirahat di sela-sela latihan.

4. Berenang

Olahraga ini akan membuat badan jadi lebih fleksibel dan fit. Berenang membakar lemak lebih banyak daripada olah raga lain. Gaya dada akan sangat efektif untuk menambah tinggi badan, sebaiknya lakukan minimal 20 menit.

5. Menendang

Berdiri dengan posisi kaki lebar kemudian angkat satu kaki saat akan melakukan tendangan. Lakukan hal yang sama pada kedua kaki sebanyak 20 kali. Kaki kanan 20 kali dan kaki kiri 20 kali, latihan ini akan memperpanjang tulang kering dan paha.

6. Bersepeda

Olahraga ini cocok bagi para penggemar sepeda. Gerakan mengayuh pedal membuat jari kaki seperti melakukan peregangan yang dapat membuat kaki jadi lebih panjang. Latihan ini harus dilakukan sebanyak 10-15 menit sehari. Sepeda statis atau stationary cycle bisa jadi alternatif yang baik.

7. Free hand

Berdiri tegak dalam ruangan yang luas dan tarik napas dalam-dalam. Angkat tangan dan letakkan di tingkat bahu kemudian dorong sejauh mungkin sambil melepaskan napas. Ulangi latihan ini sebanyak 8-10 kali. Tarik napas dalam-dalam lagi posisikan tangan ke pundak, berjinjitlah setinggi mungkin sambil menghembuskan napas, lakukan ini selama 10 kali. Latihan yang sama yaitu angkat tangan terentang di atas kepala lalu ayun ke dalam dengan arah melingkar dan buang napas. Lakukan 10 kali sehari.

8. Lompat tali

Lompat tali bisa jadi olahraga favorit kamu karena bisa dilakukan di rumah atau di mana saja. Latihan ini akan lebih menyenangkan jika dilakukan dengan musik yang cukup keras dan menghentak. Lakukan latihan ini sebanyak 300 kali.

Pilih latihan mana yang sesuai dan kamu rasa paling mudah untuk dilakukan. Kamu bisa mengoptimalkan pertumbuhan badan kamu meskipun usia kamu sudah di atas 21 tahun.