Langsing dengan Memakan Kulit Mangga

by
June 8th, 2012 at 11:13 am

Riset terbaru tentang mangga menyebutkan ternyata kulit buah mangga dapat melindungi seseorang dari obesitas. Jadi jika ingin tetap langsing sepertinya kamu harus memakan buah mangga sekalian dengan kulitnya.

Peneliti Australia menemukan bahwa kulit mangga dari dua varietas yang paling sering dijumpai yaitu mangga Irwin dan juga mangga Nam Dok Mai, ternyata mengandung konsentrasi tinggi bioaktif yang dapat menghambat perkembangan sel-sel lemak manusia.

Professor Mike Gidley dari Queensland Alliance, mengatakan bahwa mangga memiliki sifat gizi yang sangat baik tapi butuh lebih banyak penelitian untuk memahami senyawa alami komplesk pada buah-buahan seperti mangga dan lainnya. Dia juga menambahkan jika temuan ini bukanlah hal yang aneh karena memang komposisi kimia kulit luar dan juga daging buah mangga memang berbeda.

Profesor Mike juga menambahkan bahwa analisis kimia yang lebih rinci diperlukan para petani mangga yang selalu mencari cara baru untuk menambah panjang daftar manfaat buah mangga. Dalam penelitiannya, Mike menganalisis komponen kimia buah dengan cara mengambil ekstrak metanol dari daging dan juga kulit tiga jenis mangga yaitu Irwin, Nam Dok Mai, dan juga Kensington Pride.

Ekstrak kulit buah mangga Kensingtion Pride dapat mempromosikan adipogenesis atau menyimpan sel-sel lemak daripada kedua jenis buah yang lain. Sedangkan buah mangga Irwin dan Nam Dok Mai justru menghambat adipogenesis atau perubahan awal sel lemak menjadi sel lemak matang. Kesamaan dari ketiga jenis buah ini adalah, daging buahnya sama-sama tidak mampu menghambat penyimpanan lemak.

Profesor Greg Monteith dari University of Queensland School of Pharmacy mengatakan bahwa terdapat banyak alasan mengapa kulit buah mangga lebih mampu mengikis lemak sedangkan daging buahnya tidak. Profesor ini menyebutkan jika interaksi yang kompleks dari senyawa bioaktif pada ekstrak buah mangga mungkin bertanggung jawab atas hal ini bukan karena kandungan senyawa tunggalnya.

Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam Journal Food and Function. Para peneliti juga berpendapat bahwa temuan mereka ini dapat membantu produsen memproduksi buah mangga yang dapat mengurangi obesitas. Kesimpulan penelitian menyebutkan kulit buah mangga bisa menjadi makanan yang memberikan manafaat kesehatan.

Comment di sini