Manfaat Tersembunyi Biji Pepaya

by
June 8th, 2012 at 4:25 pm

Buah pepaya memang cukup digemari masyarakat Indonesia. Buah ini ditawarkan dengan harga yang terjangkau oleh semua kalangan dan menemukannya pun tidak susah. Pepaya dapat tumbuh dengan subur hampir di semua tempat. Buah, biji, daun dan juga bijinya mengandung papain yaitu enzim yang dapat membantu mencerna protein. Ekstrak papain sendiri sudah sering dipakai untuk membantu pencernaan dan juga digunakan dalam permen karet.

Daging buah pepaya yang manis sering kali dimakan begitu saja seperti dijadikan rujak, campuran es buah atau dimasak. Daging buah yang masih mentah biasa dijadikan sayur seperti tumis. Sedangkan daun pepaya biasa dimasak sebagai lalapan, campuran pecel atau dimakan dengan sambel setelah direbus. Daunnya juga biasa dipakai untuk membungkus daging agar menjadi lebih cepat lunak.

Satu bagian pepaya yang sering luput dari pandangan orang adalah biji pepaya. Biji pepaya ternyata memiliki banyak manfaat meskipun selama ini hampir semua orang pasti membuang biji pepaya begitu mereka membelah buah yang manis ini. Biji pepaya yang berwarna hitam dengan selaput bening itu memiliki banyak zat penting yang bermanfaat bagi kesehatan.

Biji buah pepaya bisa digunakan sebagai antibakteri. Antibakteri ini efektif melawan E.coli, Salmonella, dan juga infeksi Staphylococcus sehingga tubuh jadi memiliki kekebalan yang baik.

Telah ditemukan bukti yang menunjukkan jika biji buah pepaya mampu membunuh parasit dalam pencernaan. Sebuah studi menemukan bahwa anak-anak Nigeria yang mengidap parasit dalam pencernaan, 76,6% nya bebas dari parasit setelah tujuh hari mengonsumsi biji buah ini.

Biji buah pepaya dapat mencegah pengerasan hati atau cirrhosis liver. Dalam pengobatan Cina, satu sendok teh biji pepaya dapat membantu mendetoksifikasi hati dan karena alasan ini pula, dokter-dokter naturopati sering memberi resep biji pepaya kering pada pasiennya.

Untuk mendapatkan manfaat dari biji pepaya, yang harus dilakukan hanyalah memakan biji pepaya langsung atau dikeringkan terlebih dahulu. Atau bisa juga seperempat cangkir biji pepaya yang masih segar dicampur dengan madu agar terasa lebih nikmat.

Comment di sini