Mitos Minum Air 8 Gelas Sehari

by
June 8th, 2012 at 2:13 pm

Banyak yang bilang jika meminum air sebanyak delapan gelas sehari akan membuat badan jadi lebih sehat. Namun rupanya anggapan itu tak sepenuhnya benar. Minum air delapan gelas sehari tidak menjamin seseorang menjadi lebih sehat. Asupan gizi seimbang dan gaya hidup sehat lah  yang lebih mempengaruhi kesehatan kita.

Dosen La Trobe University di Melbourne, Australia, mengatakan bahwa kebiasaan minum air delapan gelas sehari dapat menurunkan berat badan dan tetap sehat hanyalah mitos belaka. Memang ada rekomendasi untuk meminum 3,4 liter bagi pria dan 2,8 liter bagi wanita namun tidak semuanya harus air putih.

La Trobe University di Melbourne, Australia, mengatakan bahwa kebutuhan air tubuh manusia bisa didapatkan dari berbagai sumber seperti jus, sayuran, buah-buahan dan juga minuman lain seperti teh atau kopi. Spero Tsindos juga menyebutkan bahwa keperluan untuk minum air putih sebanyak 2 liter sehari secara teratur hanya mitos belaka dan jika seseorang haus, tidak harus minum air putih walaupun bukan berarti tidak minum air putih sama sekali.

Tsindos juga menginformasikan bahwa teh, kopi dan minuman lain juga merupakan bagian dari kebutuhan cairan dari tubuh dan meskipun dalam teh dan kopi terkandung kafein, hal ini tidak akan membuat dehidrasi. Meminum air putih sebagai bagian dari diet namun tidak melakukan diet rendah kalori atau latiahn fisik juga tidak akan ada gunanya.

Dalam tulisannya di Jurnal Kesehatan Publik Australian dan Selandia Baru, dia mengungkapkan bahwa terdapat bukti-bukti yang menunjukkan diet yang seimbang dan konsumsi air putih lebih bermanfaat daripada hanya sekadar minum air putih.

Air putih memang penting bagi kesehatan namun rekomendasi 8 gelas sehari tidak berdasar. Informasi tentang minum air 8 gelas sehari ini muncul pada tahun 1945 di Amerika Serikat. Akademi Sains Australia merekomendasikan untuk minum air sebanyak 2,5 liter per hari.

Comment di sini