Penelitian: Nenek Moyang Manusia Berasal dari Asia

by
June 8th, 2012 at 11:41 am

dailymail

Anggapan yang menyatakan bahwa nenek moyang manusia berasal dari Afrika akhirnya terbantahkan oleh hasil penelitian terbaru. Pasalnya, hasil terbaru dari penelitian ini menyatakan bahwa nenek moyang manusia berasal dari Asia.

Para ilmuwan telah mengungkapkan fosil temuan terbaru mereka di Asia Tenggara. Mereka berhasil menemukan fosil antropoid di daerah Asia. Dimana antropoid dipercaya sebagai fosil “primata tingkat tinggi,” yang beranggotakan monyet, kera dan manusia.

Dengan kata lain temuan fosil antropoid di Asia ini sudah menjadi petunjuk. Kesimpulannya, tempat kelahiran nenek moyang manusia adalah Asia bukan Afrika.

Tim ahli palaeontologi telah berhasil menemukan fosil gigi Afrasia djijidae di Myanmar, Asia. Bentuk fosil gigi antropoid ini mirip fosil Afrotarsius libycus yang ditemukan di Libya. Temuan ini menjadi penghubung rantai evolusi yang hilang antara Afrikan dan Asia.

Kemiripan antara fosil Afrasia (fosil gigi di Asia) dan Afrotarsius (fosil gigi di Afrika) melahirkan satu kesimpulan bahwa antropoid berpindah dari Asia dan membentuk koloni di Afrika. Dalam setiap perjalannanya, antropoid selalu mengalami perubahan (evolusi) salah satu fosilnya ada di Libya.

Seorang paleontolog, dari Carnegie Museum of Natural History, Amerika Serikat, Chris Beard menyimpulkan bahwa nenek moyang manusia berasal dari Asia. Dari Asia nenek moyang manusia melakukan perjalanan ke Afrika.

Berdasarkan dari hasil pengukuran fosil gigi yang ditemukan, kedua fosil nenek moyang tersebut diperkirakan berukuran 3,5 ons. Bentuknya diperkirakan mirip dengan tarsius modern.

Namun, para ahli masih belum bisa memperkirakan bagaimana cara nenek moyang manusia bisa melakukan perjalanan dari Asia ke Afrika. Pasalnya ditengah-tengah jalan penghubung antara Asia dan Afrika terdapat sebuah jalur air yang sangat besar.

Para ilmuwan dari University of Poitiers, Prancis, ini akan terus melakukan penelitian untuk menguak misteri tersebut. Tapi, yang jelas penemuan ini sudah menjadi patokan penting bagi para peneliti mengenai asal usul nenek moyang manusia.

“Afrika adalah tempat asal manusia dan Asia adalah tempat kelahiran nenek moyang kita,” ujar Profesor Jean-Jacques Jaeger dari Universitas of Poitiers, Prancis.

Comment di sini