Survei: Indonesia Negara Yang Mudah Ditebak Passwordnya

by
June 8th, 2012 at 10:20 am

Kata kunci atau password untuk membuat sebuah akun di internet seharusnya menjadi rahasia sendiri. Semakin susah kata kunci, maka semakin aman pula akun kita. Tapi, benarkah password orang Indonesia paling mudah di tebak?

Joseph Bonneau, ilmuwan komputer dari Universitas Cambridge, Inggris menyatakan bahwa Indonesia adalah negara dengan pengguna password yang paling mudah ditebak. Rata-rata orang Indonesia memakai password tanpa kombinasi alias hanya kata saja.

Penelitian yang dilakukan Bonneau dilakukan dengan cara mengambil seribu sampel dari 69,3 juta pengguna akun Yahoo! di berbagai negara. Negara yang menjadi penelitian adalah Indonesia, Korea, China, Jerman, Vietnam, Spanyol, Italia, Prancis, dan Inggris.

Melalui sebuah acara yang bertemakan “Security and Privacy” di San Francisco, Bonneau memaparkan hasil penelitiannya. Sebanyak 15 persen kata kunci yang digunakan orang Indonesia di Yahoo! bisa dibobol dengan cara menebak beberapa kata dari Bahasa Indonesia.

Sementara sebanyak 9,3 persen diantaranya mempunyai password yang bisa ditebak dengan memakai kamus “password” global. Dari hasil ini, Indonesia menempati posisi pertama sebagai negara paling mudah ditebak passwordnya.

Sementara itu, Benneau menyatakan China sebagai negara yang paling sulit ditebak passwordnya. Hanya 4 persen pengguna China yang bisa ditebak passwordnya dengan menggunakan bahasa lokalnya. Dan 2,9 persen password bisa ditebak dengan menggunakan kamus “password” global.

Selain itu dari semua negara, pengguna usia lanjut jauh lebih hebat dalam menjaga passwordnya dari pada pengguna yang muda. Mereka juga sering sekali mengganti passwordnya untuk memperkuat keamanan.

Bonneau menyarakan agar semua pemilik akun diinternet bisa memasukan password setidaknya 32 bit. Artinya, dalam satu password terdiri dari kombinasi angka dan huruf. Menurutnya, kata sandi (password) dengan kombinasi adalah password yang paling aman.

Bagaimana, apakah kamu sudah yakin password kamu susah untuk ditebak?

Comment di sini