TNI Mengamuk di Papua, 8 Tewas

by
June 8th, 2012 at 3:16 pm
Wamena, Papua

West Papua Media via ABC.net.au

Delapan orang tewas dan sedikitnya 100 rumah dibakar oleh oknum TNI. Penyerangan tersebut terjadi di Wamena, Papua Barat, Kamis dini hari (7/6).

Sebuah media Australia Sydney Morning Herald (SMH) mengabarkan bahwa telah terjadi penyerangan yang dilakukan oleh tentara Indonesia. Aktivis Media Papua Barat melaporkan bahwa delapan orang tewas, sembilan belas terluka, dan sedikitnya seratus rumah dibakar. Penyerangan tersebut melibatkan anggota Batalyon 756.

Kejadian ini bermula ketika dua orang anggota Kostrad sedang mengendarai sepeda motor dan menabrak seorang anak di desa Honai lama, satu hari sebelum kejadian (Rabu, 6 Juni). Sebagai pembalasan, warga menyeret dan mengeroyok kedua anggota kostrad tersebut. Satu orang tewas setelah ditikam, sedangkan seorang lainnya dilarikan ke rumah sakit.

Namun Letnan Kolonel Ali Hamdan Bogra yang menjabat sebagai Kepala Penerangan Kodam XVII Cendrawasih menepis adanya serangan tersebut. Ia mengatakan bahwa pembakaran terhadap kios dan toko-toko dilakukan oleh kaum separatis Papua. “Tidak ada bentrokan, tidak ada, itu saja,” ucapnya seperti dikutip dari SMH.

Kadiv Humas Polri Irjen Saud usman Nasution membenarkan adanya bentrokan tersebut. “Menyusul kecelakaan lalu lintas itu, tentara dari sebuah pos militer setempat datang dengan dua truk dan membalas dengan menembaki warga sekitar dan membakar sejumlah rumah,” ucap usman seperti dilansir Kompas dari AFP.

Usman menambahkan bahwa kerusuhan akhirnya melebar ke pusat kota. Sejumlah toko dan rumah juga terkena tembakan.

Comment di sini