Awas Diintip Aplikasi Kamera Pengintai Google dan Apple!

by
June 11th, 2012 at 1:49 pm

Daily Mail

Benar bahwa dunia ini semakin berkembang dan teknologi semakin menguasai zaman ini. Sudah mengenal aplikasi Google Earth yang mampu menampilkan lokasi dengan bantuan satelit? Kali ini Google dan Apple sama-sama bersaing untuk membuat tampilan gambar yang lebih akurat lagi ketimbang Google Earth.

Para perusahaan teknologi raksasa sedang berlomba untuk menciptakan tampilan pemetaan dari udara dengan gambar obyek yang diambil menjadi lebih jelas lewat pesawat terbang.

Google telah mengirimkan pesawat untuk aplikasi ini ke beberapa kota sedangkan Apple yang katanya menggunakan kamera berkualitas militer yang mampu menembus obyek di balik kaca jendela, telah menguji-cobakannya di 20 lokasi di berbagai dunia.

Kamera ini pulalah yang dipakai tentara Amerika Serikat untuk mengidentifikasi para teroris di Afganistan. Pesawat-pesawat pengintai yang sudah dikirimkan Google akan dipakainya untuk menyajikan peta berkualitas 3D.

Sebenarnya memang sudah ada peta dengan gambar 3D, namun resolusi gambar yang dihasilkan belum begitu sempurna sehingga gambar yang mereka dapat tidak bisa diperbesar dengan sempurna karena masih dalam resolusi yang rendah.

Apple berharap aplikasi peta untuk iPad dan iPhone yang dirancang akan bisa melebihi kesuksesan milik Google yang berhasil diraih melalui kecanggihan Google Maps-nya. Sedangkan Google sendiri berharap bahwa akhir tahun ini sudah bisa memetakan kota-kota dengan populasi yang mencapai 300 juta orang.

Dengan teknologi baru yang akan diciptakan oleh Google dan Apple, maka semakin tidak adanya privasi untuk penduduk kota karena kemampuan kamera pengintai yang digunakan google maupun Apple sama-sama mampu melihat sampai menembus rumah seseorang.

Dulu Google pernah dituduh terlibat kasus dengan tuduhan pengoleksian semua data rumah tangga seperti surel pribadi, foto-foto, dan pesan singkat dari warganegara Inggris dari aplikasi Street View yang ada di Google Maps. Namun, Google berdalih bahwa hal itu terjadi karena lemahnya kata sandi yang dipakai negara Inggris untuk melindungi data-data pribadi mereka.

Lalu apakah mungkin dengan berkembangnya pemetaan 3D dengan menggunakan kamera pengintai ini akan membuat Apple dan Google mendapat reaksi keras dari seluruh dunia? Atau mungkin ini malah tidak hanya memudahkan warga sipil biasa tapi juga memudahkan para teroris untuk melancarkan aksinya? Apakah Anda setuju jika Google dan Apple mewujudnyatakan aplikasi ini?

Daily Mail

Comment di sini